Faskes Tidak Layak Guna, Dinkes BU Segera Lakukan Perbaikan

PORTAL BENGKULU UTARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Utara (BU), melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) BU, tahun 2017 ini akan segera melakukan perbaikan di beberapa fasilitas kesehatan (Faskes) berupa rehab gedung. Hal ini dilakukan, mengingat sudah banyaknya sejumlah faskes berupa gedung yang dinilai sudah tidak layak digunakan.
Herman Prambudi
Plt Kepala Dinkes BU Syamsul Ma’arif melalui Kabid Pelayanan Kesehatan, Herman Prambudi, mengungkapkan, Dirinya sangat prihatin melihat banyaknya kondisi faskes di pelosok BU sudah tidak layak digunakan. Untuk itu ia menegaskan, tahun 2017 ini mulai merehabilitasi.
” Kita prihatin ya, melihat faskes yang ada dipelosok desa, sama sekali sudah tidak layak digunakan. Melihat hal itu, kami berinisiatif untuk memulai guyur memperbaiki faskes semampu, anggaran yang ada,” ungkap Herman di ruang kerjanya, Selasa (21/2)/
Herman menjelaskan, pihaknya akan segera memperbaiki tiga gedung Puskesmas Pembantu (Pustu) dan enam Puskesmas induk. Dimana, ia menyadari, ,masih banyak bangunan faskes induk maupun pustu yang tidak layak digunakan. Namun, pihaknya tetap akan menginput seluruh puskesmas yang sudah tidak layak dipakai, agar dapat segera diusulkan perbaikannya dengan menggunakan anggaran APBD maupun anggaran pusat.
” Tahun ini, kita baru dapat memperbaiki 3 Pustu dan 6 Puskesmas induk. Harapan kita kedepan, dapat memperbaiki seluruh faskes yang ada agar dapat bermanfaat bagi masyarakat,” imbuhnya.
Kendati demikian, meskipun baru hanya beberapa faskes yang dapat diperbaiki. Ia menegaskan, pelayanan kesehatan tetap dapat berjalan dengan seoptimal mungkin, semabri menunggu adanya anggaran APBD tahun 2018 untuk memperbaiki sleuruh faskes.(Firdaus)
banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *