Maswandi Prioritaskan Program Pembenahan

PORTAL BENGKULU UTARA – Setelah memprioritaskan program pertukaran Induk benih ikan, Dinas Perikanan Bengkulu Utara

kembali mengambil langkah pembenahan yakni  peningkatan kualitas kolam benih ikan.

Kadis Perikanan BU, Ir. Maswandi
Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bengkulu Utara, Ir. Maswandi,  di ruang kerjanya sabtu (11/2 /2017) kepada portalbengkulu.com mengatakan, setelah mengadakan insfeksi ke sejumlah UPTD beberapa hari yang lalu, didapatinya masih banyak persoalan yang perlu dibenahi.
Antara lain kolam pembibitan benih ikan,selain rendahnya SDM dan sarana prasarana UPTD, yang paling mendasar terangnya, adalah induk benih ikan yang sudah tidak produktif. ” Tiga hal penting yang akan kita benahi, pertama perbaikan kualitas SDM, kemudian peningkatan sarana prasarana UPTD,” tutur Maswandi.
Pelakukan perbaikan kolam yang ada, kata Maswandi memang harus didahulukan mengingat banyak yang sudah rusak, kemudian pertukaran bibit induk ikan yang sudah kurang produktif merupakan prioritas berikutnya. 
“Induk ikan yang kurang produktif,  menjadi kendala bagi UPTD dalam penyediaan stok benih ikan kepada masyarakat petani ikan di daerah ini, akhir-akhir ini para petani ikan membeli benih ikan nila dari luar daerah. Padahal daerah kita ini kalau kedua itu kita tingkatan tidk mungkin masyarakat kita beli bibit ikan dari luar,” imbuhnya.
Saat ini sangat disayangkan olehnya, banyak petani ikan air tawar membeli bibit dari luar daerah, persoalan  ini seharusnya tidak terjadi dengan masyarakat kita terutama masyarakat petani ikan, “Untuk itu kita segera benahi, guna memberikan kemudahan bagi petani ikan air tawar dalam memperoleh bibit benih ikan,” terang  maswandi. ( Suliswan /Syamsu R) 
banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *