Saber Pungli Belum Ada Gerakan, Begini Kata Kasat Reskrim

PORTAL BENGKULU UTARA – Keberadaan Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Bengkulu Utara (BU), belakangan mulai menjadi pertanyaan, bagaimana tidak, sejak dikukuhkan tertanggal 12 Januari 2017 lalu, hingga saat ini belum terlihat gerakan dari satuan tugas ini, eksistensi ditengah masyarakatpun belum terlihat sama sekali. 

Wakapolres BU, Kompol Eko Sisbiantoro, S.Ik

Anggapan masyarakat ini, dibantah oleh Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Unit Tindak Tim Saber Pungli AKP. Jufri, S.Ik. Ditegaskan oleh pria yang juga menjabat sebagai Kasat Reskrim Mapolres BU ini, pihaknya sejauh ini telah berusaha menyampaikan kepada seluruh masyarakat, setiap dirinya diundang untuk sosialisasi.

” Saya selalu meyampaikan keberadaan adanya tim Saber Pungli ini, setiap saya diundang untuk menghadiri sosialisasi apapun,” ungkap Kasat.
Dijelaskan Kasat, tahab awal dari tugas Satgas ini sudah ia jalankan, yakni agar menyebarluaskan kepada masyarakat tugas dan tupoksi dari keberadaan tim Saber Pungli ini. Ia juga sudah memberitahukan, agar jika mendapati temuan untuk langsung melapor, baik itu ke Polres BU maupun ke kantor aparat penegak hukum lainnya.
” Satgas ini baru, saya menilai mungkin masyarakat masih bingung untuk melapor kemana. Jadi dalam sosialisasi, selalu saya sampaikan agar tidak sungkan untuk melapor ke kantor Polisi atau ke kantor penegak hukum lainnya, jika menemukan adanya indikasi pungli,” imbuhnya.
Selain itu, pihaknya juga telah mengerahkan kepada selruh personil kepolisian agar selain aktif dalam tugas di institusinya, juga dapat aktif selaku anggota dari satgas Saber Pungli ini. Contohnya, pihaknya telah mengerahkan kepada Bhabinkamtibmas Polres BU,

Untuk melaporkan langsung ke dirinya, atau ke Polres BU, apabila melihat, mendengar atau menemukan kejadian yang bisa dilakukan Oprasi Tangkap Tangan (OTT), terkait pungli. ” Kami juga memberdayakan, petugas Bhabinkamtibmas untuk aktif membantu kinerja dari tim saber pungli ini, diluar anggota yang telah ditetapkan. Meskipun anggaran untuk tim ini belum jelas, kami tetap berusaha untuk aktif menjalankan amanah,”pungkasnya.(Firdaus

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *