Jalan Lintas Arga Makmur – Lebong Tertutup Banjir Setingggi 1 Meter

PEWARTA : FIRDAUS
PORTAL BENGKULU UTARA – Derasnya hujan yang mengguyur di sejumlah kecamatan di kabupaten Bengkulu Utara, Senin (6/03) bukan hanya membanjiri pemukiman warga, jalan raya pun ikut tertutup banjir bahkan disebagian wilayah ketinggian air mencapai 1 meter.
Luapan air yang rata-rata disebabkan tingginya debet air yang tidak tertampung oleh saluran drainase di kecamatan kota Arga Makmur diantaranya terjadi di Jalan Pelajar kelurahan Purwodadi, Jalan May. Salim Batubara Karang Endah, dan di Jalan Sam Ratulangi.
Pantauan portalbengkulu.com, genangan air setinggi 1 meter sekaligus menutup akses jalan lintas Bengkulu Utara – Lebong, terjadi di desa unit I kecamatan Padang Jaya. Genangan air yang cukup besar dan dalam diibaratkan oleh seorang pengemudi bagaikan danau dadakan, kondisi ini selalu tercipta dari waktu kewaktu disetiap musim hujan tanpa ada perubahan berarti.
“Genangan air ini bukan hanya disebabkan oleh derasnya hujan semata, penyebab lainnya yakni diakibatkan oleh luapan air kolam ikan air tawar yang terletak disisi jalan, hendaknya untuk kedepan, pembuatan kolam disisi jalan raya perlu adanya aturan teknis yang dikeluarkan pemerintah,” tukas salah seorang pengemudi, Bastari.
Beruntung, masih ada jalan alternatif yang dapat dijadikan pilihan bagi para pengguna jalan baik yang menuju kerah Arga Makmur atau sebaliknya, dapat mengalihkan arah melalui jalan desa Suka Rami kecamatan Air Padang.
Meskipun tidak mencapai ketinggian yang membahyakan, di kelurahan purwodadi luapan air akibat dari terbatasnya daya tampung saluran drainase serta penyempitan siring disisi kiri-kanan jalan sempat menyibukkan warga setempat.
“Dari tahun ke tahun beginilah kondisi kami kalau hujan deras, limpahan air masuk kerumah. Persoalan ini seharusnya menjadi pehartian serius pihak pemerintah, sebab semakin lama dengan kian bertambahnya bangunan di sini akan menambah sempitnya saluran air,” tutur Yudith, warga gang pelajar, purwodadi, Senin.
EDITOR : ERFIN BASTARY
banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *