Perbaiki Pola Asuh Anak, YKB Gelar Talkshow Positive Parenting

PEWARTA : FIRDAUS 

PORTAL BENGKULU UTARA – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB) ke 37 Pengurus YKB Daerah Kabupaten Bengkulu Utara menggelar talkshow tentang positive parenting  di Mapolres Bengkulu Utara Jum’at (17/3).
Pada kesempatan tersebut, psikolog Ajeng Raviando mengatakan positive parenting merupakan pola asuh yang menyenangkan bagi orangtua dan anak.
” Positive parenting itu bagaimana orang tua bisa mendengar suara anak. Polanya, ini sama-sama menyenangkan. Intinya ada komunikasi yang efektif antara orangtua dan anak,” ungkap psikolog pada paparannya.
Positive parenting mengedepankan rasa kasih sayang terhadap anak, bukan dengan kekerasan. Dalam pola asuh ini, orangtua bisa menjadi teman bercerita bagi anak. Dengan begitu, anak menjadi tidak takut mengutarakan keinginannya kepada orangtua dan permasalahannya.
Ia mengatakan, salah satu manfaat menerapkan positive parenting adalah bisa mengembangkan potensi yang dimiliki anak. Misalnya, ada anak lebih suka sekolah musik, atau pun sekolah masak, dibanding kedokteran. 
Dengan mengetahui potensi anak, orangtua bisa memberikan dukungan penuh. Dalam pola asuh positif ini, orangtua juga perlu memberikan penghargaan atas pencapaian anak. Tak hanya pencapaian dari nilai akademis, tetapi juga bisa dari perilaku baik anak. 
Namun, lanjutnya, positive parenting tetap menerapkan kedisiplinan dan mengajarkan anak mengenai konsekuensi yang dihadapi. Orangtua harus tahu tahap tumbuh kembang anak dan mengenal karakter anak.
” Di dalamnya ada role model orangtua, orangtua jadi teladan agar tetap menerapkan disiplin dan konsisten. Ada penanaman nilai konsekuensi logis, sehingga anak-anak dapat mengembangkan potensinya,” paparnya.
Acara yang cukup meriah tersebut dihadiri Ketua Pengurus YKB Daerah Kabupaten Bengkulu Utara, Beby Andhika Vishnu dan Kapolres AKBP Andhika Vishnu SIk selaku Penasehat YKB Daerah BU, Wakil Ketua  dan Seluruh Pengurus YKB, Wakil Ketua dan Pengurus Daerah Bhayangkari, Para Ketua, Pengurus YKB Cabang dan  Penasehat YKB Cabang Bengkulu serta tamu undangan dari organisasi wanita.
Editor : Junaidi
banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *