Pemkab BU dengan PT API Sepakat Bangun Jalan Lebong Tandai

PEWARTA: FIRDAUS BENGKULU UTARA 


PORTAL  – Kepedulian Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) dalam menyediakan infrastruktur  berupa akses jalan menuju Desa Lebong Tandai, Kecamatan Napal Putih dibuktikan. Senin  (17/4) Pemda BU, bersama Pemda Provinsi Bengkulu dan PT API menggelar rapat penyusunan draf MoU pembangunan jalan tersebut. 
Dikatakan Bupati BU, Ir Mian, rapat ini digelar untuk mendapatkan kesepakatan, mengingat akses menuju Desa Lebong Tandai kondisinya sudah sangat memprihatinkan, sekaligus untuk menghindari terisolirnya desa itu.
“Sesuai dengan kesepakatan kami, supaya warga di sana tidak lagi merasa di sisihkan oleh pemerintah. Meskipun berat lantaran terkendala aturan-aturan, pembangunannya akan tetap kami upayakan,” janji Bupati.

Penyusunan Draf MoU ini menurut Bupati, perlu kecermatan pemerintah. Sebab, jalur yang akan dikerjakan itu melalui kawasan hutan lindung (HL) dan lahan perkebunan perusahaan. 

Soal waktu pelaksanaannya, Ditargetkan oleh Dia, pada tahun 2017 ini sudah harus dilaksanakan. Setelah prosedur administrasinya kelar, untuk tahap awal ini akan dilakukan pembukaan jalan terlebih dahulu. Sementara akses yang ada sekarang berupa jalur rel molek tetap dipertahankan.

“Meskipun sudah kita rencanakan pembangunan jalan, akses rel molek tidak akan di hapus. Terbukanya jalan ini nantinya dapat memperlancar sarana prasarana masarakat di bidang infrastruktur dan diharapkan menjadi penunjang peningkatan perekonomian masyarakat,” harap Bupati. 
Informasi terhimpun, dalam rapat tersebut diperoleh kesepakatan antara Pemda dan pihak PT API, diantaranya, untuk menghindari hal yang dapat merugikan pihak perusahaan, sepanjang jalan ini nanti tidak diperkenankan mendirikan bangunan apapun, kedua belah pihak sama-sama bertangung jawab menjaga keamanan kawasan HL dari aksi tangan yang tidak bertanggung jawab seperti  Illegal logging.
banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *