Antrian Truk TBS Padati Pabrik CPO Di Mukomuko

0
272

PEWARTA : DIA
JUMAT 8 JUNI 2018

PORTAL MUKOMUKO – Pabrik pengolahan minyak mentah kelapa sawit atau CPO di Kabupaten Mukomuko, berhenti beroperasi membeli buah sawit atau Tandan Buah Segar (TBS) dari petani.

Pasalnya, terhitung mulai dari Senin (11/6) dan Selasa (12/6) mendatang, seluruh aktifitas parik CPO libur dan cuti bersama dalam rangka hari Raya Idul Fitri 1439 H. Dari pantauan hampir seluruh pabrik dipadati truk pengakut TBS. Antrian truk tersebut mencapai ratusan bahkan meter.

“Pabrik sawit mulai berhenti beroperasi selama delapan hingga 10 hari. Makanya, kami juga terus mengakut sawit yang sudah dipanen para petani. Kami juga ikut mengantri lama di pabrik. Waktunya sudah mepet sekali,’’ kata Suranto, salah seorang sopir truk.

Hal senada disampaikan Supriono, menurutnya jika terlambat mengangkut sawit ke pabrik sampai batas waktu yang ditentukan, para petani yang bakal dirugikan. Karena sawit tidak dapat dijual.

‘’Kami tekankan sama para petani, jangan sampai telat memanen. Kalau telat ya terpaksa tidak bias diangkut. Percumah saja kalau nantinya pabrik sudah tutup,’’ ujarnya.

Untuk diketahui, pabrik CPO milik PT Sapta Sentosa Jaya Abadi (SSJA) Lubuk Pinang, berhenti beroperasi mulai tanggal 11 hingga 21 Juni 2018. Pabrik CPO milik PT MMIL Penarik, PT. KAS Teramang Jaya dan KSM Tanjung Alai tutup mulai tanggal 12 sampai 21 Juni.

Sedangkan PT Daria Darma Pratama (DDP) Lubuk Bento dan PT DDP Kecamatan Ipuh tutup masing-masing tanggal 12-20 Juni. Selain itu, sejumlah pabrik di sejumlah wilayah lainnya diprediksi sama berhenti beroperasi mulai tanggal 11 dan 12 Juni mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

WordPress spam blocked by CleanTalk.