Curah Hujan Tinggi, Waspada Banjir dan Tanah Longsor!

Kawasan padat penduduk terlihat diliputi awan mendung, di kawasan Purus, Padang, Sumatera Barat, Kamis (12/11). Memasuki musim penghujan, BPBD Sumbar mengimbau warga dan pemerintah daerah terutama di kawasan rawan longsor dan banjir seperti Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Solok, Solok Selatan, Pesisir Selatan, dan Kota Padang, untuk meningkatkan kewaspadaan akan terjadinya bencana akibat tingginya intesitas hujan. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/nz/15

PEWARTA : DIA

RABU 3 OKTOBER 2018

PORTAL MUKOMUKO – Hujan deras yang melanda seluruh wilayah Kabupaten/Kota se Provinsi Bengkulu terus terjadi sejak beberapa hari terakhir. Kondisi itu cukup membuat masyarakat resah, khususnya masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana seperti banjir dan tanah longsor. Pun sama di Kabupaten Mukomuko. Sejak beberapa hari terakhir, hujan cukup membuat masyarakat di sejumlah wilayah rawan banjir was-was. Pasalnya, curah hujan tinggi disertai petir mengguyur secara merata di seluruh wilayah kecamatan. Kondisi itu diyakini dapat meningkatkan debit air pada sejumlah aliran sungai. Menurut informasi yang didapat dari Stasiun BMKG Fatmawati Bengkulu, curah hujan tinggi disertai badai dan petir akan terus terjadi hingga penghujung tahun 2018. Masyarakat dihimbau untuk mewaspadai banjir, longsor, gelombang laut tinggi serta pohon tumbang.

”Sudah beberapa hari ini hujan deras disertai petir terus terjadi. Rata-rata hujan turun mulai jam 5 sore sampai malam. Kami mewaspadai akan bencana banjir, karena hujannya cukup deras. Kami juga bersama-sama warga sudah saling berkoordinasi, terutama warga yang tinggal dekat aliran sungai yang selama ini kerap meluap,” ungkap Rizal, warga Ipuh.

Hal senada disampaikan, Bahri, warga Kecamatan V Koto. Menurutnya, selain mewaspadai bencana, dampak hujan deras disertai petir juga berdampak pada aliran listrik. Sejak beberapa hari terakhir, aliran listrik kerap padam.

”Sudah pasti kalau hujan deras, badan dan petir aliran listrik padam. Kami khawatir, bencana banjir akan terjadi. Apalagi hujan deras turunnya pada malam hari. Kami berharap pemerintah memberikan perhatian dan juga imbauannya,” terangnya diamini Iman, warga Kota Mukomuko.

Prakiraan Cuaca Kabupaten/Kota Se Provinsi Bengkulu Hingga Jumat (5/10) kedepan.

  • Kota Bengkulu, Hujan Lokal, Suhu 24 Sampai 32 Derajat Celcius dan Kelembaban 60 sampai 95 %
  • Bengkulu Selatan, Hujan Lokal, Suhu 24 Sampai 32 Derajat Celcius dan Kelembaban 60 sampai 95 %
  • Bengkulu Tengah, Hujan Lokal, Suhu 24 Sampai 32 Derajat Celcius dan Kelembaban 60 sampai 95 %
  • Bengkulu Utara, Hujan Lokal, Suhu 24 Sampai 32 Derajat Celcius dan Kelembaban 60 sampai 95 %
  • Kaur, Hujan Lokal, Suhu 24 Sampai 32 Derajat Celcius dan Kelembaban 60 sampai 95 %
  • Kepahiang, Hujan Lokal, Suhu 24 Sampai 32 Derajat Celcius dan Kelembaban 60 sampai 95 %
  • Lebong, Hujan Lokal, Suhu 20 Sampai 31 Derajat Celcius dan Kelembaban 60 sampai 95 %
  • Mukomuko, Hujan Lokal, Suhu 24 Sampai 32 Derajat Celcius dan Kelembaban 60 sampai 95 %
  • Rejang Lebong, Hujan Lokal, Suhu 20 Sampai 31 Derajat Celcius dan Kelembaban 60 sampai 95 %
  • Seluma, Hujan Lokal, Suhu 24 Sampai 32 Derajat Celcius dan Kelembaban 60 sampai 95 %
banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *