Harga Sawit Tak Kunjung Stabil, Perusahaan Dinilai Kangkangi Ketetapan Harga

PEWARTA : DIA

SENIN 19 NOVEMBER 2018

PORTAL MUKOMUKO – Meski telah diberlakukan dan diputuskan masalah ketetapan harga jual/beli sawit oleh Pemprov Bengkulu, sebesar Rp 1.200/Kg, namun tak kunjung diberlakukan di lapangan. Seperti yang terjadi di Kabupaten Mukomuko. Perusahaan pembeli sawit masyarakat dinilai mengangkangi aturan yang telah ditetapkan. Dimana, harga sawit ditingkat petani saat ini sekitar Rp 700/Kg. Sedangkan di tingkat perusahaan atau pabrik berkisar sekitar Rp 850 sampai Rp 970/Kg. Kondisi itu dikeluhkan masyarakat yang mayoritas sebagai petani sawit. Dalam hal ini, Bupati Mukomuko, H Choirul Huda, SH dianggap tak tegas terhadap perusahaan.

Merosotnya harga sawit di tingkat petani cukup dirasakan. Bahkan, masyarakat yang memiliki sejumlah tanggungan seperti hutang kepada pihak Bank, dealer mengalami sejumlah tunggakan. Selain itu, kebutuhan ekonomi kian terpuruk. Terlebih, harga kebutuhan pokok yang kian hari kian mahal. Ditambah lagi, masyarakat yang memiliki anak dalam proses sekolah dengan kebutuhan biaya yang cukup besar.

”Sampai saat ini, harga sawit di tingkat petani tak kunjung  stabil. Kita terima keluhan langsung dari masyarakat. Pemerintah dalam hal ini bupati kami nilai tidak tegas. Aturan dan ketetapan harga sudah jelas dan disepakati pihak perusahaan, kenapa sampai saat ini tidak diberlakukan. Kalau harga sawit murah, jangankan untuk kebutuhan lain, untuk makan saja tidak cukup,” ungkap Ketua LP-KPK Kabupaten Mukomuko, Weri Tri Kusuma, SH.

Menurut Weri, jika kondisi ini terus terjadi, perekonomian masyarakat di Kabupaten Mukomuko dinilai akan mengalami kemerosotan. Pemkab Mukomuko diminta tegas dan menindaklanjuti. Bukan tidak mungkin, jika hal ini tidak ada tindaklanjut,  masyarakat bakal menggelar aksi.

”Mayoritas masyarakat di Mukomuko itu sebagai petani sawit. Kalau harga tak kunjung stabil, ekonomi masyarakat semakin terpuruk. Kita tunggu tindaklanjut dari pemerintah, Kalau tidak ada tanggapan, kemungkinan besar masyarakat akan melakukan aksi. Ini demi kelangsungan hidup masyarakat,” tandasnya.

Daftar harga sawit di Mukomuko

1. PT. SSJA Harga Rp 875/Kg

2. PT. USM Harga Rp 940/Kg

3. PT. KSM Harga Rp 900/Kg

4. PT. MMIL Harga Rp 900/Kg

5. PT. SSS Harga Rp 900/Kg

6. PT. AMK Harga Rp 915/Kg

7. PT SAP Harga Rp 945/Kg

8. PT. GSS Harga Rp 970/Kg

9. PT. DDP Harga Rp 950/Kg

10. PT. BMK Harga Rp 970/Kg

Harga sawit tersebut turun antara Rp 70 sampai Rp 100/Kg.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *