Surya Menilai, Polisi Penembak Keluarga Surini Tidak Bersalah

Wakil Ketua DPRD RL, Surya ST
Surya: Insiden ini menjadi pengalaman berharga bagi masyarakat dan institusi polri 
 
PEWARTA: ZULFIMAIDI REJANG LEBONG 
 
PORTAL – Sekalipun Kapolda Sumsel telah menetapkan pelaku penembakan keluarga Surini sebagai tersangka dan dinilai lalai dalam menjalankan tugas, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Rejang Lebong asal Partai PDIP, Surya, ST punya penilaian berbeda, polisi yang memberondong peluru saat razia di kota Lubuk Linggau itu kata dia tidak bersalah. Menurut Surya, penembakan itu dilakukan lantaran insting seorang polisi.
“Bisa saja mobil itu menarik perhatian petugas, sebab ketika diberhentikan mobil tersebut tidak mau berhenti apalagi mobil sedan tersebut tertutup kaca gelap menambah kecurigaan pihak aparat. Insting seorang pasti berbeda beda, mungkin saja menduga ada indikasi kejahatan atau pelaku kejahatan,” kata Surya.
Lantaran peristiwa ini sudah mengakibatkan meninggalnya Surini, Dia berserta segenap anggota DPRD Rejang Lebong mengucapkan turut berduka kepada keluarga korban, dan prihatin atas perstiwa yang dialami oleh keluarga asal Blitar tersebut, peristiwa ini, kata Surya, sudah merupakan takdir.
“Sebagai manusia kita tidak tahu kapan ajal kita tiba dan diambil dimana serta apa penyebabnya. Resiko jadi petugas ya itu, kalau kita telusuri rangkaian kejadiannya ya aparat kepolisian hanya menjalankan tugasnya,” tambah Dia.
Surya berharap, bila ada razia, lengkap atau tidak lengkap surat-surat kendaraan, bila di stop polisi sebaiknya berhenti, kita harus menghormati pihak aparat penegak hukum yang sedang menjalankan tugasnya,
Karena sebagai petugas, lanjut Surya, polisi berhak merazia semua kendaraan yang melintas baik roda dua maupun roda empat, itu sesuai dengan intruksi Kapolri untuk seluruh wilayah di Indonesia, bukan hanya di Rejang Lebong dan Lubuk Linggau saja.
“Sanksi secara hukum, ya diproses secara hukum jika melanggar SOP dan Protap yang ada sesuai kronologis dilapangan. Ini sebagai pengalaman yang berharga bagi kita semua. Serahkan proses hukum berjalan sesuai aturan , ungkap Surya yang saat itu didampingi 2 rekannya lagi di DPRD dari partai yang sama.
Editor: Uj
banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *