Kasus Dispora, Hanya Tunggu Jadwal Sidang

PEWARTA: FIRDAUS BENGKULU UTARA 

Foto: Kantor Kejaksaan Negeri Arga Makmur 
PORTAL – Kasus korupsi berjamaah di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bengkulu Utara yang melibatkan 5 orang tersangka, diantaranya mantan Kadispora Nz, mantan Ketua KONI Iw, Tr, Wa dan Su, masing-masing selaku PPTK dan Bendahara penerima barang, hanya menunggu jadwal penetapan sidang.
Saat ini, kata Kepala Kejaksaan Neger Arga Makmur Fathuri SH, melalui Kasi pidsus, Dodi Junaidi SH berkas perkara sudah dilimpahkan ke Pengadilan Tinggi Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor) Bengkulu, tanggal 28 April 2017 lalu.
” Iya sudah dilimpahkan dari JPU ke Pengadilan Tipidkor, dan saat ini hanya tinggal menunggu jadwal sidang saja,” ungkap Dodi ditemui diruangannya usai pisah sambut Kasi Intel Mariono, SH, Rabu (3/5).
Disinggung keberadaan kelima tersangka, Dodi menjelaskan saat ini masih berada di Lapas kelas IIb Arga Makmur. Namun jika nanti, keluar jadwal sidang dari Pengadilan Tipidkor Bengkulu, kelima tersangka barulah akan dipindahkan di Lapas Bentiring guna mempermudah proses jalannya sidang.
” Saat ini kelima tersangka masih diinapkan disini, nanti setelah ada kejelasan sidang barulah kita pindahkan,” bebernya.
Sementara itu, disinggung pengembalian kerugian negara yang telah diterima oleh pihak Kejaksaan. Dodi mengaku belum cukup, yang baru beberapa persen saja dari kerugian negara yang mencapai ratusan juta rupiah.
” Baru beberapa persen saja, belum seluruhnya dikembalikan oleh kelima tersangka ini,” tutupnya.
Untuk diketahui, dua kegiatan yang terbukti korupsi di Disporapar BU tersebut diantaranya, Program Pembinaan dan Pemasyarakatan Olah Raga, kegiatan Pembinaan cabang olah raga prestasi di tingkat daerah dengan pagu anggaran sebesar Rp. 533.547.000. Pada kegiatan penyelenggaraan kompetisi olah raga dengan pagu anggaran Rp. 400 Juta.
Kegiatan lain yang juga diusut oleh penyidik Kejari, yakni kegiatan Analisa pasar untuk promosi dan pemasaran pariwisata dengan pagu anggaran Rp. 90 Juta. Selanjutnya, pada program peningkatan peran serta kepemudaan, dalam kegiatan pelatihan dan pelaksanaan Paskibraka dengan pagu anggaran Rp. 350 Juta.
Editor Uj
banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *