Bangunan Pasar Senilai Rp 6 M Mangkrak

Kondisi teranyar, bangunan pasar di Mukomuko

PEWARTA : DIA
MINGGU 6 MEI 2018

PORTAL MUKOMUKO – Para pedagang dan pembeli di Pasar Koto Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko mesti lebih bersabar lagi. Dan melakukan aktifitas jual beli yang dinilai tidak teratur serta terkesan berserakan.

Pasalnya, proyek pembangunan pasar semi modern yang seyogyanya selesai 2017 lalu sampai saat ini mangkrak alias terbengkalai tidak jelas. Bangunan senilai Rp 6 Miliar yang bersumber dari dana Kementerian Perdagangan pusat ditaksir baru mencapai sekitar 75 persen.

Masih banyak bagian fisik bangunan yang belum selesai diantaranya meja los jualan, lantai, saluran air dan instalasi listrik. Kondisi jelas dikeluhkan berbagai pihak, termasuk jelang memasuki bulan Ramadhan yang diprediksi aktifitas pasar akan meningkat.

“Sejak pembangunan, kami berjualan sudah pindah di belakang terminal. Kami berjualan tidak teratur. Ini jadi kendala, apalagi jelang puasa nanti. Pasti lebih rame lagi. Kita minta bangunan pasar secepatnya diselesaikan,” ungkap Teguh, pedagang sayur.

Hal senada disampaikan Hendra, pedagang manisan. Menurutnya, bangunan pasar mesti diselesaikan. Jika dibiarkan terbengkalai, para pedagang yang lain juga bakal terus mengeluh.

“Kita jualan pakai tenda, yang lain juga sama. Ini jadi kendala para pedagang dan juga pembeli. Kondisinya sangat tidak teratur. Sementara di bagian depan, ada lapak yang tidak dihuni. Dan sampai saat ini juga tidak jelas statusnya. Kami minta bangunan yang baru dapat diselesaikan,” kata Hendra diamini Amir, pedagang buah.

Saat dikonfirmasi, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil, Ali Nasri mengatakan bahwa bangunan pasar semi modern tersebut diprediksi belum bisa dilanjutkan. Menurutnya, untuk tahun ini belum ada anggarannya baik dari APBD maupun dana yang lainnya.

“Memang seharusnya bangunan pasar itu selesai 2017 lalu. Namun karena ada kendala jadi belum 100 persen. Untuk tahun ini tidak ada anggarannya. Kalau kebutuhannya sekitar Rp 1 M lagi. Masih banyak yang harus dibuat lagi,” tutupnya.

editor : uj

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *