Tingkatkan Pelayanan, Dinkes Lebong Bersinergi Dengan Pemerintah Desa

0
429

PEWARTA : RUDHY M FADHEL 

KAMIS 21 MARET 2019

PORTAL LEBONG – Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong bersinergi dengan pemerintah desa. Pun sama mengenai keberadaan Puskemas Pembantu (Pustu) yang terletak di beberapa desa. Namun, pelayanan masih dilakukan di  puskesmas induk. Salah satunya, Pustu di Desa Pungguk Pedaro. Dimana puskesmas induknya yang relative berdekatan yakni Puskesmas Pelabuhan Talang Liak.

Guna mengantisipasi agar bangunan pustu tidak terbengkalai, Dinkes disamping menempat para bidan desa atau petugas kesehatan lainnya, juga bekerjasama dengan pemerintah desa dalam memanfaatkan bangunan untuk pelayanan seperti pos yandu, pos lansia dan  lain sebagainya. Sejak Senin  (19/3) sampai  Kamis (21/3), telah dilakukan giat gotong royong membersihkan lokasi pustu. Kegiatan dipimpin langsung Kades, Suardi Thabrani dan melibatkan seluruh jajarannya serta kader kesehatan.

”Gedung dan halaman pustu ini akan dimafaatkan selain kegiatan pos yandu juga untuk apotik hidup. Gotong royong ini sebagai bentuk sinergitas. Kami berharap agar semua pihak dan masyarakat mendukung. Sehingga, pelayanan kesehatan dapat tercipta dengan baik,” ungkap Suardi Tabrani.

Terpisah Kepala Dinkes Lebong, Rachman SKM membenarkan dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan pemerintah desa. Pihaknya juga telah menempatkan tenaga kesehatan untuk standby memberikan pelayanan kepada masyarakat.

”Kita akan bersinergi dengan semua pihak dalam mewujudkan Kabupaten Lebong yang sehat. Di desa itu sudah kita tempatkan tenaga kesehatan dan 2 Posyandu. Tujuan kami untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” tutup Rachman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here