lebong  

14 Hari Diisolasi Secara Mandiri, 1 Warga Berstatus ODP Dinyatakan Sembuh

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Satu orang warga yang sebelumnya masuk dalam status Orang Dalam Pemantauan (ODP) terkait Coronavirus Disease (Covid-19) dinyatakan sembuh. Hal itu stelah menjalani perawatan dan isolasi secara mandiri selama 14 hari. Dengan demikian terhitung Selasa (24/3), jumlah ODP Covid-19 di Kabupaten Lebong yang sebelumnya ada dua orang sekarang tinggal satu orang. Dan ODP tersebut masih menjalankan isolasi mandiri di rumah, dengan pengawasan dari jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong.

“Terhitung hari Selasa, jumlah ODP di Kabupaten Lebong tinggal satu orang. Karena satu orang sebelumnya ODP sudah melewati masa isolasi mandiri 14 hari dan dinyatakan sembuh,” ungkap Kepala Dinkes Lebong Rachman didampingi Plt Kadis Kominfo SP Lebong Donni Swabuana.

Menurut Rachman, pihaknya sudah melakukan screening kesehatan sebanyak 84 orang. Jumlah tersebut semuanya penduduk Kabupaten Lebong yang datang dari luar kota yang termasuk endemis virus Corona.

Penetapan status ODP itu sendiri, setelah dilakukan screening kemudian mengalami gejala batuk, pilek dan memiliki gejala panas badan atau gangguan saluran pernapasan ringan dan punya riwayat mengunjungi atau tinggal di daerah yang diketahui merupakan daerah penularan virus corona.

“Kita akan terus melakukan pemantauan dan pengawasan. Tinggal satu orang ODP. Kita juga akan telah mempersiapkan baik itu obat-obatannya dan diberikan terapi oleh dokter puskesmas yang bertanggung jawab di wilayah setempat. Selain pengawasan setiap kedatangan warga dari luar Kabupaten Lebong, kami melalui seluruh Puskesmas di Kabupaten Lebong, juga terus melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat,” tutupnya. Kerjasama yang baik dari Pemdes dan Kelurahan untuk penyemprotan disinfektan secara mandiri juga sangat diperlukan,” pungkasnya.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *