Jalankan Intruksi Kapolri, Polres Lebong Bersama Bupati dan Jajaran Lakukan Penyemprotan Disinfektan

0
367

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Sesuai telegram Kapolri Jenderal (Pol), Idham Aziz dalam surat telegram bernomor ST/868/III/KEP./2020 tertanggal 13 Maret 2020 terkait antisipasi pandemi virus Corona (COVID-19). Instruksi ini pun laksanakan oleh Kapolres Lebong, AKBP Icksan Nur S.ik selasa 31 Maret 2020. Hal tersebut senada dengan Surat Edaran Gubernur Bengkulu No 800/501/BPBD/2020 Tentang Penyemprotan Disinfektan secara masif dan serentak dalam rangka meminimalisir penyebaran Covid 19 di Provinsi Bengkulu.

Kegiatan dimaksud yang melibatkan OPD teknis lainnya seperti BPBD Lebong, Dinas Kesehatan Lebong, Satpol PP dan Personil Damkar. Kegiatan ini dilaksanakan dengan terlebih dahulu diawali gelar kesiapan pasukan di halaman Mapolres Lebong yang langsung dipimpin oleh Kapolres Lebong. Selanjutnya Kapolres bersama dengan Bupati lebong, H Rosjhonsyah S.IP, M.Si dan Pejabat Utama Polres serta jajaran Pemerintah Kabupaten Lebong secara bersama didaulat untuk memasukan racikan bahan disinfektan kedalam kendaraan water canon dam kendaraan damkar yang akan digunakan untuk melakukan penyemprotan.

Terkait hal ini, dalam lain kesempatan Kapolres menjelaskan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) seluruh Personil Polres Lebong serta masyarakat yang akan masuk ke Mapolres Lebong akan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh.

“Yang kita lakukan ini sesuai instruksi Kapolri, Jenderal Pol. Idham Aziz, untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona,” Ujarnya.

Seperti di ketahui Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis sebelumnya mengeluarkan perintah yang diterbitkan dalam Surat telegram bernomor ST/868/III/KEP/2020.

Surat itu ditandatangani oleh Asisten SDM Kapolri, Irjen Eko Indra Heri pada Jumat (13/3/2020). Dalam surat itu tertuang 6 arahan Kapolri dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Corona di lingkungan Polri.

Berikut 6 Arahan Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis :

1. Menyediakan alat pengukur suhu tubuh di setiap pintu masuk gedung/kantor dan melakukan pengecekan suhu tubuh setiap orang yang masuk serta berkoordinasi dengan rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat bila ditemukan adanya orang yang dicurigai (suspect) terpapar virus Corona.

2.Menyediakan cairan antiseptik (hand sanitizer/sabun cuci tangan) dan mewajibkan setiap anggota untuk secara berkala mencuci tangannya.

3. Selalu menggunakan penutup mulut terutama saat batuk maupun bersin dan segera buang ke tempat sampah, membersihkan barang-barang yang sering tersentuh banyak orang/rentan terkontaminasi.

4. Membiasakan atau menjadikan protap dalam memberi/menerima salam tidak melakukan kontak fisik secara langsung seperti bersalaman, cium pipi kanan kiri, dan bentuk kontak fisik lainnya. Sebagai contoh salaman yang dianjurkan tanpa kontak fisik salam dengan menyatukan telapan tangan di depan dada, salam dengan menyentuh dada kiri dengan tangan kanan, hormat sesuai pud.

5. Agar satker atau satwil menyiapkan rencana kontijensi dalam mengantisipasi perkembangan penyebaran virus COVID-19 dan melakukan pelatihan berdasarkan protokol WHO.

6. Melaporkan kegiatan kepada Kapolri, UP As SDM, dan untuk percepatan proses pelaporan dapat dikirim melalui alamat email Bagbinjas bagbinjasrowatpers.ssdm@polri.go.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here