Penyaluran BLT-DD Tik Jeniak Diwarnai Aksi Heroik Babinsa dan Bhabinkamtibmas

0
499

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Sabtu (30/5), bertempat di Balai Desa Tik Jeniak, Kecamatan Lebong Selatan, Kabupaten Lebong, jajaran Pemerintah Desa dengan mengundang dan di hadiri oleh unsur Tripika yakni Danramil 408-02 L/S serta Kapolsek Lebong Selatan dalam hal tersebut diwakili oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta Para PD dan PLD dari P3MD Kabupaten Lebong menggelar penyaluran Bantuan Lansung Tunai (BLT) dengan Sumber Anggaran Dana Desa tahun 2020 sebagaimana berkembang di tengah masyarakat dengan sebutan BLT-DD.

Diwawancarai awak media ini Kepala Desa Tik Jeniak, Ust Sugino, S.Pd.I menyampaikan bahwa dari total 300 kepala keluarga warga desa, terdapat 8 kepala keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan 29 kepala keluarga penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) serta 22 kepala keluarga penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) berikut sedang dalam proses usulan terdapat 36 kepala keluarga untuk menerima Bantuan Pangan dari Pemerintah Daerah kabupaten Lebong.

”Jika di persentasekan maka akan muncul kurang lebih di angka 70% warga Desa Tik Jeniak nantinya sudah tercover bantuan dampak dari Pandemi Covid-19. Sementara sisannya adalah warga yang berprofesi sebagai ASN, pegawai perusahaan BUMN/BUMD dan swasta lainnya serta perangkat desa dan keluarga yang secara ekonomi berada di atas rata-rata,” ungkapnya.

Dalam Pantauan awak media terdapat peristiwa heroik yang sangat menyentuh perasaan yaitu saat seorang ibu yang sudah lanjut usia dipanggil namanya untuk menerima bantuan BLT-DD, akan tetapi sang ibu yang sudah sangat sepuh tersebut ternyata menderita kelumpuhan dan tidak bias serta mampu untuk berjalan mendekati petugas penyalur bantuan. Menyadari hal tersebut, dengan spontan dan bersamaan Serka. Waluyo yang mewakili Danramil 408-02 LS  bersama  Brigpol. Zulkifli Yadi yang mewakili Kapolsek Lebong Selatan bergerak dan mengendong sang ibu secara bersamaan menuju petugas untuk mendapatkan BLT.

Terpisah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMD-Sos),  Reko Haryanto S.Sos M.Si melalui Kepala Bidang Sosial, Yasir Hadibroto, SE mengapresiasi langkah cepat pemdes dalam penyaluran BLT-DD tersebut.

“Kita (PMDSos, red) sangat apresiasi atas gerak cepat Kades Tik Jeniak  dalam menyalurkan BLT-DD ini. Seperti kita ketahui bersama bentuk apapun bantuan saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Semoga bantuan yang tersalurkan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh penerima,” pungkas Yasir Hadibroto SE.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here