Antisipasi Krisis Pangan, Pjs Bupati dan DWP Lebong Salurkan Bantuan Bibit

0
422

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Menyikapi situasi di masa pandemi dan untuk mengantisipasi permasalahan pangan, Pemkab Lebong bersama Darma Wanita Persatuan (DWP) yang dimotori oleh Ketuanya, Nelawati Mustarani berkerjasama dengan pihak ketiga dalam hal ini PT. Aditya Sentana Agro beri dan distribusikan berbagai jenis bibit holtikultura. Hal mana selaras dengan program pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam mengantisipasi adanya gejala keterpurukan masyarakat di bidang ekonomi dan ketahanan pangan, terutama ketahanan pangan keluarga.

Hal ini disampaikan oleh Pjs Bupati Lebong, H Herwan Antoni SKM, M.Kes, M.Si saat memberikan sambutan dan arahan kepada segenap perwakilan masyarakat se Kecamatan Bingin Kuning di halaman parkir Kantor Camat Bingin Kuning pada Kamis 5 November 2020. Selain dihadiri perwakilan masyarakat acara penyerahan bantuan bibit juga dihadiri oleh seluruh kepala desa yang ada di dalam wilayah Kecamatan Bingin Kuning.

“Menghadapi situasi pendemi saat ini, harus kita akui bahwa banyak masyarakat yang mengalami berbagai macam permasalahan dimana diantara permasalahan yang paling mendasar adalah kebutuhan pangan akibat dari Pandemi Covid-19. Sehingga tidak sedikit masyarakat mengalami kondisi keterpurukan di bidang ekonomi yang penyebabnya adalah pendapatan keluarga yang semakin menurun. Untuk itu saya mengapresiasi kinerja DWP yang sudah melakukan berbagai hal dan bekerjasama dengan berbagai pihak dalam memberikan perhatian kepada masyarakat di Kabupaten Lebong,” ungkap Pjs Bupati.

”Untuk itu saya minta kepada segenap masyarakat untuk menyikapi kepedulian yang tinggi ini dengan melaksanakan program ini dengan sebaik baiknya. Manfaatkan lahan pekarangan yang kosong dan lahan-lahan tidur lainnya dengan menanam bibit ini sehingga bisa menghasilkan untuk ketahanan pangan keluarga,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua DWP Lebong, Nelawati Mustarani.

“Harapan kami Lebong kedepan bisa menjadi daerah yang dapat menjadikan sektor pangan terdiri dari sayuran dan buahan dapat menjadi komoditi andalan daerah. Dan harapan kami juga ibu-ibu masyarakat Kecamatan Bingin Kuning dapat juga menjadi penopang untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga dalam hal pangan. Sehingga dapat juga membantu suami dalam hal memenuhi kebutuhan keluarga yaitu dengan dapat memperkecil pengeluaran sehari-hari dari hasil usaha menanam bibit yang kita berikan. Kedepan juga kita berharap hal itu bisa menjadi usaha bidang pertanian tanaman pangan untuk tambahan pendapatan keluarga,” terang Nelawati.

Sementara Camat Bingin Kuning, Ir. Eva Gustiantina mengucapkan terima kasih kepada Pjs Bupati Lebong yang sudah berkenan hadir langsung dan dapat bertatap muka kepada masyarakat. Diakui oleh Camat bahwa masyarakatnya untuk saat ini memang sangat membutuhkan berbagai bantuan dalam segala hal disebabkan oleh dampak Pandemi Covid-19.

“Kami ucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Bapak Pjs Bupati, Herwan Antoni dan ibu Ketua DWP telah menampakan rasa kepedulian yang tinggi kepada masyarakat kami yang ada di berbagai desa di dalam wilayah Kecamatan Bingin Kuning,” tutup Camat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here