lebong  

Pemerintah Desa Talang Kerinci Gelar Musrenbangdes TA 2021

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Musrenbang desa adalah forum dialogis antara pemerintah desa dengan pemangku kepentingan lainnya untuk mendiskusikan dan menyepakati program pembangunan yang dapat memajukan keadaan desa. Hal ini Sebagaimana yang diamanatkan oleh dan tertuang didalam Permendagri 86 Tahun 2017 poin D.2.5. tentang pelaksanaan musrenbang RKPD di kecamatan, bahwa tahapan penyusunan RKPD tahun 2021 dilaksanakan melalui forum musrenbang secara berjenjang yang diawali di kecamatan sebagai bahan masukan dalam penyusunan rancangan Renja Perangkat Daerah/Renja PD.

Kegiatan musrenbang merupakan hasil perencanaan melalui pendekatan top down-bottom up planning yang pelaksanaannya dimulai dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional sehingga dalam penyusunan RKPD Tahun 2021 musrenbang secara berjenjang harus segera dilaksanakan sesuai dengan tata kala yang telah ditentukan sebagai forum untuk mempertemukan para pemangku kepentingan guna membahas berbagai permasalahan dan program kegiatan pembangunan prioritas yang akan diusulkan pada tahun perencanaan.

Selain itu musrenbang RKPD di Kecamatan merupakan bentuk nyata pendakatan partisipatif sebagai salah satu syarat mutlak pendekatan perencanaan pembangunan. Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 bahwa perencaaan pembangunan harus mengoptimalkan pendekatan partisipatif masyarakat, sehingga perencanaan yang disusun mencerminkan kondisi riil yang ada di masyarakat.

Berangkat dari hal tersebut diatas, pada Jumat 7 januari 2021, Pemerintah Desa Talang Kerinci, Kecamatan Bingin Kuning, Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu menggelar musrenbangdes. Kegiatan dihadiri seluruh komponen pemerintahan desa, tokoh masyarakat baik agama dan adat serta pemuda dan juga dihadiri secara langsung Tripika Kecamatan Bingin Kuning yakni Camat, Ir. Eva Gustiantina dengan didampingi kasi pemerintahan, kasi pemberdayaan masyarakat, kasi kesra, juga dihadiri langsung oleh Kapolsek Lebong Selatan, AKP L Naibaho SH , Danramil 409-02 L/S Kapten Inf Sumardi dan Babinsa Serda Sahbandi, serta Tenaga Ahli dari P3MD Kabupaten Lebong yang diwakili oleh PD/PLD kecamatan dan desa.

Berdasarkan hasil pantauan awak media ini,terdapat beberapa item yang direncanakan pihak pemerintah desa dalam musrenbangdes dimaksud antara lain:
– Bidang Pembangunan
Jalan Usaha Tani Dusun 1 Sepanjang 300 m dan Lebar 2 m. Saluran Irigasi Dusun 1, 2 dan 3 . Dengan Tinggi saluran 60 dan panjang total 400 m
– Bidang Pemberdayaan
Posyandu, Penanggulangan dan Pencegahan Covid, Pelatihan Kader Kesehatan
– Bidang Pembinaan
PKK, Satgas perlindungan anak,Pelatihan Linmas, Keagamaan dan Karang Taruna
– Bidang Pemerintahan
Siltap Kepala desa dan Perangkat Desa, Operasional Kantor Desa, Tunjangan dan Operasional BPD
– Penanggulangan Bencana
Pemberian Bantuan Langsung Tunai Masyarakat Desa

Dalam sambutannya, Kepala Desa Talang Kerinci, Sahdi Haryanto SH.I mengapresiasi Tripika Kecamatan Bingin Kuning berikut para tenaga ahli dari P3MD Kabupaten Lebong yang selama ini sudah dengan baik memberikan bimbingan dan arahan serta petunjuk demi kelancaran roda pemerintahan dan pembangunan disegala bidang yang sedang dan akan dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Talang Kerinci.

“Saya ucapkan teriama kasih yang sedalam-dalamnya kepada ibu camat dan bapak kapolsek serta bapak danramil beserta jajarannya masing-masing yang tidak bosan-bosannya telah memberikan bimbingan dan arahan kepada kami Pemerintah Desa Talang Kerinci. Demi kelancaran dan suksesnya pembangunan disegala bidang yang sedang dan akan kami laksanakan.” demikian Sahdi Haryanto.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *