Menpora Apresiasi Karang Taruna Kelola Palak Siring Kemumu

0
2152
SENIN 02 OKTOBER 2017 
 
 
PORTAL BENGKULU – Kementerian Pemuda dan Olahraga mengapresiasi upaya anggota Karang Taruna Tirta Arga, Kelurahan Kemumu Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu dalam mengembangkan dan mengelola wisata air terjun Palak Siring Kemumu sehingga dikenal oleh wisatawan nusantara maupun mancanegara.
“Kami mengapresiasi anggota karang taruna mengembangkan wisata Kemumu dan diharapkan berdampak positif bagi masyarakat sekitar,” kata Asisten Deputi Kepemudaan dan Kepeloporan Pemuda Bidang Kepeloporan Desa dan Daerah Khusus, Kemenpora, Sopti Popiyanti di Bengkulu, Minggu.
Saat mengunjungi kawasan wisata Palak Siring Kemumu, Bengkulu Utara, Sopti mengatakan inisiatif dan keterlibatan pemuda sangat penting untuk mengembangkan daerahnya.
Karena itu, Kemenpora melalui Deputi Bidang Pengembangan Pemuda mengadakan pemilihan pemuda pelopor tingkat nasional, di mana salah satu pemenang tingkat provinsi adalah Ketua Karang Taruna Tirta Arga, Riki Septian untuk kategori Sosial Budaya dan Pariwisata.
“Kedatangan kami untuk melakukan verifikasi atau `finding fact` dari proposal dan presentasi yang dilakukan masing-masing pemenang tiap provinsi untuk mendapatkan juara nasional,” katanya.
Sopti pun mengunjungi objek wisata air terjun Palak Siring Kemumu untuk melihat langsung bentuk pengelolaan wisata yang dilakukan karang taruna di objek wisata itu.
Air terjun yang berada dalam areal kawasan Hutan Lindung Boven Lais itu juga merupakan habitat bunga langka Rafflesia gadutensis, Rafflesia arnoldii, dan Amorphophallus titanum.
Ketua Karang Taruna Tirga Arga, Riki Septian mengatakan wisata air terjun Palak Siring menjadi objek wisata andalan Bengkulu Utara dengan keunikan air terjun dan keberadaan bunga langka di kawasan itu.
“Kami mengidentifikasi lima titik habitat bunga langka dan membuat jalan setapak menuju lokasi itu untuk memudahkan pengunjung,” kata Riki.
Anggota karang taruna tersebut juga rutin mengadakan gotong-royong membersihkan objek wisata itu dan menyediakan papan informasi tentang potensi wisata di wilayah tersebut serta menyediakan pemandu yang handal
Berita Ini telah di tayangkan di, bengkulu,antaranews.com dengan judul :

Kemenpora Apresiasi Karang Taruna Pengelola Wisata Kemumu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here