Hampir Seminggu Jaringan Server Ngadat, Dukcapil Mukomuko Ajukan Kebutuhan Dana 2,3 M

0
915
PEWARTA : RISMAIDI 
KAMIS 25 JANUARI 2018 



PORTAL MUKOMUKO – Hampir satu Minggu atau sejak Senin (22/1), pihak dinas Dukcapil kabupaten Mukomuko, tidak maksimal dalam melayani masyarakat terutama untuk pembuatan e-KTP. Pasalnya, server di kantor tersebut sedang  mengalami gangguan.

Hal itu, menurut Kabid Pengelola Informasi Adminitrasi Kependudukan (PIAK) Dukcapil Mukomuko, Syamsir S.Sos disebabkan oleh usia peralatan yang sudah tua, yakni sejak tahun 2013 lalu belum mengalami penggantian hingga sekarang.

“Kondisi ini, sudah langsung kita laporkan ke pusat.  Kita menggunakan peralatan yang lama batuan  dari pusat. Pihak pusat hanya satu kali mengadakan bantuan peralatan tersebut. Setelah itu kewajiban Pemkab setempat untuk  mengadakannya,” beber Syamsir.

Kata dia, pihaknya telah mengajukan usulan kepada Pemkab dari tahun 2015 lalu, namun hingga sekarang belum terealisasi. Syamsir mengakui, persolan itu tentunya sangat prinsip, karena menyangkut soal pelayanan kepada masarakat.

Soal itu diakui pula oleh Sektaris Dukcapil  Drs. Yandaryat, memang pihaknya telah mengusulkan serta mengajukan rincian perlatan untuk pembutan e-KTP tersebut, pada APBD, pada tahun 2017.

Dijelaskan, total dana yang diajukan pihaknya untuk pemebelian peralatan sebesar Rp 2,31 milyar. Dengan rincian, untuk pembelian Kamera, server e-KTP, Fingrscan, Iris BMT-20, SignatreGem LCD 1×5, Smart Card Reader dan peralatan lainnya.

“Dana tersebut untuk pengantian peralatan di delapan kecamatan.  Tedapat peralatan  yang hilang sama sekali, yaitu di kecamatan Air Dikit, karena  mengalami kemalingan, beberapa tahun yang lalu,” ungkap Yandaryat.

Tujuh kecamatan lainnya, yakni, Pondok Suguh, Teramang Jaya, Teras Terunjam, Malin Deman, Selagan Jaya, Air Manjuto, dan kecamatan IV Koto.


Editor : Uj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here