Beasiswa Unras Dicairkan ke YRSA, Berikut Alasan Kepala BPKAD Dihadapan Dewan dan Mahasiswa

PEWARTA : SULISWAN 
RABU 14 FEBRUARI 2018 

PORTAL BENGKULU UTARA – Persoalan beasiswa Universitas Ratu Samban (Unras) Arga Makmur Bengkulu Utara masih belum menemukan kesimpulan yang memuaskan pihak mahasiswa. Pasalnya Kepala BPKAD Drs Kisro Zanito MM beralasan beasiswa tersebut telah dicairkan dan masuk ke Yayasan Ratu Samban Arga Makmur (YRSA).

Sebagaimana diketahui sesuai dengan keputusan Dirjen, bahwa pengelola Unras tidak ada selain Yayasan Ratu Samban (YRS). Paparan pihak BPKAD yang menyebutkan demikian malah mengundang pertanyaan bagi utusan mahasiswa yang hadir dalam hearing di Gedung DPRD, pada Rabu (14/2).

Baca : Sesuai Surat Dirjen Iptek-Dikti, Hanya YRS Penyelenggara Sah Unras

“Berdasarkan kajian hukum Pemda maka dana beasiswa Unras dicairkan dan diberikan kepada Yayasan Ratu Samban Arga Makmur (YRSA) pada tanggal  26 juli 2017,” terang Kisro di ruang Komisi Gabungan, Rabu.

Selain Sonti Bakara dari Komisi I hearing juga dihadiri A Razali dari Komisi II yang membidangi anggaran, kemudian sejumlah perwakilan BEM Unras, guna mendengarkan penjelasan dari pihak Pemkab yang diwakili oleh Kepala BPKAD Drs Kisro Zanito.

“Kita berharap Pemerintah Kabupaten bersikap transparan soal dana beasiswa Unras ini. Sebab anggrannya sudah digelontorkan beberapa waktu lalu,” tandas Anggota Komisi I DPRD BU, Sonti Bakara.

Sedangkan Kisro Zanito tetap bertahan dengan alasannya, dana beasiswa tersebut dicairkan ke YRSA, sesuai dengan Keputusan Bupati Nomor 430/302/Dispendik/2017. Kemudian, ada beberapa kriteria yang ditentukan bagi mahasiswa penerima beasiswa. antara lain nilai IPK  serta berasal dari keluarga kurang mampu.

Mendengarkan paparan tersebut, Ketua BEM Unras Yogi menyayangkan keputusan pihak pemkab. Menurut dia, sebagaimana kesepakatan awal beasiswa sebesar Rp 640 Juta itu seharusnya diserahkan langsung ke masing-masing mahasiswa bersangkutan.

“Kita menyayangkan keputusan pihak pemerintah daerah yang mencairkan dana beasiswa tersebut kepada YRSA. Sebagaimana telah disepakati sejak semula beasiswa akan diberikan langsung kepada masing-masing mahasiswa,” sesal Yogi.

Jika memang telah dicairkan ke YRSA, Yogi mempertanyakan lebih lanjut mengapa hingga sekarang dana tersebut belum dibagikan kepada masing-masing mahasiswa yang berhak menerimanya. Maksud Yogi dengan pernah terciptanya dualisme yayasan jangan pula mengorbankan pihak mahasiswa.


Editor : Uj

Baca Juga
Beasiswa Unras 2017 Belum Juga Dibayar, Dewan Segera Panggil Kepala BPKAD

Beasiwa 2017 Belum Dibayar, Mahasiswa Unras Geruduk Kantor Bupati

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *