Kuota Pupuk Bersubsidi Mukomuko Turun

PEWARTA : DIA
RABU 9 MEI 2018 

PORTAL MUKOMUKO – Jatah dan kuota penyaluran pupuk bersubsidi sektor Kabupaten Mukomuko mengalami penurunan. Dimana, pada tahun 2017 lalu kuotanya mencapai 15.572 ton untuk realokasi pemakaian selama 1 tahun mulai Januari hingga Desember.

Sedangkan untuk tahun ini, kuotanya hanya 14.253 ton untuk 1 tahunnya. Jadi penurunan kuota kebutuhan pupuk para petani mencapai 1.319 ton. Pupuk yang selama ini disalurkan melalui para pengecer tetap yakni jenia urea, ZA, ponska, SP36 dan pupuk organik.

Mengenai hal itu, Rabu (9/5) Dinas Pertanian melakukan sosialisasi terhadap tim verifikasi dan validasi data pengguna pupuk bersubsisi. Tim tersebut merupakan anggota dari kelompok tani dan juga penyuluh kecamatan. Tujuannya untuk meratakan penyaluran pupuk bersubsidi sesuai kebutuhan setiap petani di masing-masing wilayah kecamatan.

“Kami sudah melakukan sosialisasi terkait penyaluran pupuk bersubsidi. Apapun kendala di lapangan, ada timnya yang turun langsung memantau baik di pemasok pupuk sampai ke tingkat petani. Tujuannya agar penyaluran pupuk sesuai dengan kebutuhan dan tidak ada kendalanya. Makanya, tim verifikasi dan validasinya harus ikut bekerjasama,” kata Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian, Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Ali Mukhibin, S.Hut.

Terkait menurunnya kuota dari tahun sebelumnya, Ali menjelaskan bahwa kuota kebutuhan pupuk tidak dapat dipatok untuk setiap tahunnya. Hal itu lantaran kebutuhan petani berdasarkan jenis tanam yang dilakukan. Apalagi, saat ini dinas tengah menjalankan program cetak sawah baru dan program pajale.

“Kuotanya memang berkurang kalau dihitung secara leseluruhan. Tapi, ada jumlah kuota yang naik. Semua itu sesuai dengan kebutuhan. Apalagi sekarang ini ada program cetak sawah baru dan pajale. Jadi, tidak semua jenis pupuk dibutuhkan. Ada kebutuhan jenis pupuk yang meningkat dan ada juga yang mengalami penurunan. Yang jelas sejauh ini tidak mengalami kendala,” pungkas Ali diamini salah seorang Kasi yang menangani bidang pupuk, Supra.

Editor : Uj

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *