Soal Replanting Serta Izin HGU, Sikap Dewan dan Pemda Dipertanyakan

PEWARTA : DIA

MINGGU 9 SEPTEMBER 2018

PORTAL MUKOMUKO – Masalah perpanjangan ijin Hak Guna Usaha (HGU) PT. Agro sampai saat ini belum ada kejelasan. Beredar informasi, proses perpanjangan tengah diurus pihak PT. Agro sampai ke tingkat pusat. Namun, seiring dengan itu, lahan HGU yang terletak di wilayah Kecamatan Air Dikit telah dilakukan replanting. Bahkan, tanaman sawit yang baru ditanam mulai tumbuh besar. Sementara, masa berlaku izin HGU diketahui telah habis per 2017 lalu. Hal itu bakal berdampak buruk, karena selama ini masyarakat menolak perpanjangan HGU. DPRD dan Pemkab Mukomuko dituntut menindaklanjuti dan memberikan kejelasan.

Kondisi itu dipertanyakan langsung oleh LSM Kompas Kabupaten Mukomuko. Menurut Direktur Ekskutifnya, Musfar Rusli, sampai saat ini masalah perpanjangan HGU serta replanting yang dilakukan dinilai tidak diketahui secara pasti. Pihaknya mempertanyakan sikap DPRD Mukomuko dan Pemkab Mukomuko.

”Apa dasar PT. Agro melakukan replanting. Kita minta DPRD menyikapi masalah itu dan mempertanyakan kepada Bupati Mukomuko terkait izin dan rekomendasi perpanjangan HGU serta proses replantingnya.  Karena sampai saat ini tidak ada kejelasan. Sementara sawit yang ditanam sudah mulai tumbuh besar,” ungkap Musfar.

Ditambahkannya, Musfar meminta DPRD Mukomuko lebih progresif dalam menyikapi masalah itu. Terlebih, izin HGU tersebut telah habis masa berlakunya per-31 Desember 2017. Namun, saat ini PT. Agro melakukan replanting. Artinya, pengurusan perpanjangan izin berpeluang lolos mulai dari tingkat daerah sampai ke tingkat pusat.

”DPRD harus lebih progresif dalam menangani masalah ini. Jangan sampai masuk angin atau ada indikasi kong kalikong. Apalagi saat ini, masyarakat bergejolak dan menolak untuk perpanjangan HGU. Nah, sekarang kita lihat bersama replantinga sudah dilakukan. Tentu semua itu ada izin serta rekomendasi yang dikeluarkan daerah. Ini harus ditindaklanjuti, jangan sampai menimbulkan masalah baru,” pungkas Musfar.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *