Kesbangpol Gelar Sosialisasi dan Pembinaan, Ormas Diminta Proaktif Sukseskan Pemilu

PEWARTA : DIA

KAMIS 27 DESEMBER 2018

PORTAL MUKOMUKO – Pada Kamis (27/12) Pemkab Mukomuko melalui Kantor Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) menggelar sosialisasi dan pembinaan terhadap Organisasi Kemasyarakatan (Ormas). Dalam kegiatan itu, tema yang diusung yakni ”Kita Ciptakan Organisasi yang Profesional dan Taat Azas”. Acara yang dimulai sejak pukul 08.30 WIB itu dihadiri sejumlah pimpinan dan pengurus ormas serta sejumlah undangan. Waka Polres Mukomuko, Kompol. M Amin, Sekretaris Dinas Pol PP dan Damkar, Dr. Abdiyanto, SH, M.Si dan Kepala Kesbangpol, Jumaidi, SH mengisi acara dan didaulat sebagai narasumber.

Dalam kegiatan itu disampaikan bahwa ormas yang ada di Kabupaten Mukomuko mesti proaktif. Terlebih dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang. Ormas harus ikut andil dan mensukseskan jalannya pemilu. Tak hanya itu, bagi ormas yang belum terdaftar namun memiliki jaringan serta kapasitas sampai ke tingkat nasional dihimbau untuk segera mendaftarkannya. Hal itu mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 57 tahun 2017 Tentang Pendaftaran dan Sistem Informasi Organisasi Kemasyarakatan (Siormas). Kantor Kesbangpol sendiri memiliki peranan dalam melakukan verifikasi yang hasilnya disampaikan kepada pihak provinsi yang selanjutnya dilaporkan ke Kemendagri.

”Ormas mesti berperan aktif dan ikut serta dalam mensukseskan pemilu. Pemilu serentak yang akan digelar pada 17 April tahun 2019 untuk memilih Presiden dan wakil presiden, DPR, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota,” ungkap Jumaidi.

Ditambahkannya, semua pimpinan ormas beserta pengurus dan anggotanya diharapkan ikut serta dalam menjaga kondusifitas masyarakat. Tak tidak hanya dalam suasana tahun pemilu saja. Aktifitas lain juga mesti ikut serta dan proaktif.

”Ormas memiliki kewajiban yang sama dengan pemerintah. Salah satunya ikut serta menjaga agar tetap kondusif, mendukung pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *