Air Bah ”Hantam” Penembak Ikan! 2 Orang Korban Selamat, 1 Tewas dan 1 Hilang

0
444

PEWARTA : DIA/DERY
PORTAL MUKOMUKO – Hujan deras yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Mukomuko berdampak buruk. Pada Rabu (29/4), 4 orang warga Kecamatan Selagan Raya, masing-masing 3 orang dari Desa Sungai Ipuh Dua dan 1 orang dari Desa Lubuk Bangko hanyut terseret arus Aliran Sungai Selagan usai dihantam air bah. Akibat kejadian itu, 2 orang atas nama Yos dan Ridik dari Desa Sungai Ipuh Dua selamat, 1 orang atas nama Nopi Sardianto ditemukan dalam keadaan tewas. Sedangkan 1 korban atas nama Herman, warga Desa Lubuk Bangko hingga berita ini ditayangkan portalbengkulu.com belum ditemukan.

Berdasarkan data terhimpun tim portalbengkulu.com di lapangan, kronologis kejadian bermula pada saat keempat korban berangkat untuk mencari ikan ke hulu sungai sekitar pukul 15.01 WIB, Rabu (29/4). Setiba di lokasi, ketiga korban atas nama Ridik, Nopi dan Herman langsung turun ke sungai menyelam untuk menembak ikan. Sementara, Yos masih melihat situasi aliran sungai.

Tak berselang lama, Yos langsung turun menyusul rekan-rekannya. Tiba-tiba air bah datang cukup deras disertai dengan tumpukan sampah dan kayu. Sontak Yos yang saat itu tengah menyelam terkejut dan terseret arus sungai. Beruntung, sempat berpegangan akar dan akhirnya selamat menepi. Sementara 3 orang korban lainnya tidak diketahui keberadaannya.

Yos, yang mengetahui rekan-rekannya hilang langsung bergegas berlari ke perkebunan warga dan meminta tolong. Hingga akhirnya, pukul 23.01 WIB, Yos tiba di perkampungan dan memberitahukan warga serta anggota Bhabinkamtibmas dari Polsek Teras Terunjam. Tak berselang lama, Yos jatuh pingsan dan sesekali mengigau.

Pada malam itu juga, pencarian dilakukan dengan melibatkan warga, perangkat desa, dari kecamatan, TNI dan Polri. Pencarian dilakukan dalam keadaan diguyur hujan deras.

Pencarian dilakukan hingga Kamis (30/4) dengan melibatkan Tim Basarnas Mukomuko, BPBD, Tagana, TNI/Polri dan sejumlah pihak terkait lainnya. Pada Pukul 07.30 WIB, korban atas nama Nopi berhasil ditemukan dalam keadaan tewas. Dan pukul 07.45, korban atas nama Ridik ditemukan dalam keadaan selamat dengan kondisi lemas dan langsung dievakuasi.

Sementara, korban atas nama Herman hingga berita ini ditayangkan media portalbengkulu.com belum juga ditemukan. Curah hujan tinggi dan derasnya aliran sungai menyulitkan tim gabungan melakukan pencarian. Dan pencarian akan kembali dilanjutkan pada Jumat (1/5) pagi dengan menyisir sepanjang aliran Sungai Selagan Kecil dan Sungai Selagan Besar. Jarak TKP hingga Bendungai Sungai Selagan Besar diperkirakan mencapai 13 Km.

”Memang benar telah terjadi peristiwa warga yang hanyut terseret aliran sungai. Kami ikut turun langsung ke TKP melakukan pencarian. Korban selamat 2 orang, 1 orang meninggal dunia dan 1 orang lagi masih dalam pencarian. Pencarian dilanjutkan Jumat pagi, karena situasinya kurang memungkinkan lantaran hujan dan aliran sungai juga deras,” kata Kapolres Mukomuko, AKBP. Andy Arisandi, SH, S.IK, MH melalui Kapolsek Teras Terunjam, Iptu. Aritonang ketika dikonfirmasi portalbengkulu.com.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here