7 Jenis Batu Mulia Paling Populer

Batu mulia maupun permata adalah semua jenis batuan dan mineral yang memiliki sifat fisik, kimia serta karakteristik tertentu seperti motif dan warna yang bernilai ekonomis.

Batu mulia biasanya digunakan sebagai perhiasan yang umumnya dipadukan dengan logam mulia seperti emas, platinum atau perak.

Untuk disebut sebagai batu mulia, batu-batu tersebut harus memenuhi standard estetika, keindahan dan kelangkaan.

Ada banyak jenis batu mulia. Namun, ada beberapa batu mulia yang paling populer untuk dijadikan perhiasan, antara lain adalah:

Berlian

Secara karakteristik berlian atau diamond merupakan batu mulia yang paling keras, solid, dan memiliki kualitas fisik terbaik dibandingkan batu mulia jenis lainnya.

Berlian memiliki kilauan cahaya yang sangat indah, dan batunya pun tergolong sangat langka. Sehingga tidak heran, bahwa berlian memiliki nilai ekonomis yang paling tinggi dibandingkan jenis batu permata lainnya. Per karatnya bisa mencapai miliaran rupiah.

Ruby

Ruby atau batu merah delima merupakan salah satu batu mulia yang paling terkenal. Batu berwarna merah ini merupakan jenis batu mineral corundum. Warna merahnya berasal dari kandungan kromium.

Batu ruby memiliki kekuatan yang tinggi yakni 9 Mohs (satuan yang digunakan untuk mengukur kekerasan mineral).

Batu ruby yang memiliki kualitas tertinggi biasanya ditemukan di Thailand, Vietnam, Burma, Srilangka, dan Madagaskar.

Zamrud

Jenis batu mulia lainnya yang sering digunakan sebagai perhiasan adalah zamrud. Batu yang memiliki warna hijau gelap dan hijau kebiruan menjadi salah satu pilihan favorit untuk perhiasan.

Batu zamrud atau emerald memiliki kekuatan rendah yakni 7,5 – 8 Mohs. Sehingga batu mulia yang satu ini jauh lebih mudah pecah daripada berlian.

Walaupun begitu, zamrud kualitas tinggi lebih langka dbandingkan berlian sehingga harganya pun menjadi lebih mahal.

Topaz

Banyak orang yang beranggapan bahwa topaz hanya batu permata biru dengan harga rendah. Namun, faktanya topaz memiliki banyak jenis warna. Warna-warna tersebut disebabkan oleh campuran kimiawi pada saat pembentukannya.

Warna biru pada topaz umumnya diperoleh bukan dari proses alami melainkan buatan.

Batu Intan

Batu intan merupakan salah satu jenis batu mulia yang paling terkenal di dunia. Batu mulia ini terbuat dari unsur mineral karbon dan memiliki skala kekerasan 10 Mohs. Intan terbentuk di perut bumi dengan tekanan serta suhu yang tinggi dan membutuhkan waktu yang sangat lama, hingga miliaran tahun.

Intan merupakan jenis batuan yang paling keras di muka bumi. sehingga intan bukan hanya digunakan sebagai perhiasan saja tetapi juga dijadikan bahan industri seperti mata bor pertambangan, pemotong kaca, dan lain sebagainya.

Kalimaya

Bagi anda yang penggemar batu akik, mungkin anda sudah sering mendengar bahwa batu kalimaya memiliki nama lain yang cukup menarik, yakni ‘The Queen Of Gems”. Batu kalimaya memiliki tampilan yang memukau sehingga banyak orang yang menyukainya dan menjadikannya sebagai perhiasan.

Safir

Sama seperti ruby, safir juga merupakan salah satu jenis mineral corumdum. Safir warna biru merupakan yang paling populer dan banyak dicari orang, namun batu mulia ini juga memiliki banyak warna lainnya termasuk merah.

Cincin tunangan Kate Middleton merupakan cincin tunangan yang paling terkenal di dunia. Cincin warisan dari Putri Diana itu dihiasi batu safir 12 carat dan 14 berlian putih dengan berat total 6 carat.

 

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *