Tim Pansus DPRD Mukomuko Geber Pemeriksaan LKPj 2022

PEWARTA : YADI
PORTAL MUKOMUKO – DPRD Kabupaten Mukomuko terus menindaklanjuti hasil laporan Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko terkait capaian hasil pembangunan dan realisasi anggaran 2022 lalu. Hingga Selasa, 11 April 2023. Tim Pansus yang telah dibentuk DPRD Mukomuko melaksanakan tugas kerja cepat membahas setiap item tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kepala Daerah Tahun Anggaran 2022.

Ketua Pansus, Aceng Zakarya di ruang serbaguna DPRD Mukomuko pembahasan LKPj ditargetkan tuntas sebelum tanggal 17 April 2023 mendatang. Menurutnya, target ini tersebut sesuai dengan rencana jadwal pelaksanaan rapat paripurna anggota dewan yang nantinya membahas laporan hasil Pansus.

”Kamis terus melakukan pembahasan mengenai LKPj. Kami diberi waktu selama 14 hari terhitung dari dibentuknya pansus. Meski terbilang singkat, kami menargetkan tanggal 17 April nanti tuntas dan akan disampaikan pada rapat paripurna,” ungkap Aceng.

Ditambahkan Aceng, dalam pembahasan LKPj, pihaknya bersama tim melakukan secara marathon. Bahkan, untuk memastikan setiap itemnya, tim pansus memintai keterangan dari sejumlah OPD untuk mensinkronkan terkait program pelaksanaan kegiatan dan anggaran apakah sesuai yang dilaporkan oleh kepala daerah kepada anggota dewan melalui sidang paripurna sebelumnya.

Jauh sebelum itu, Ketua DPRD Mukomuko, Ali Syaftaini menerangkan bahwa LKPJ kepala daerah merupakan amanat Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Dimana, kepala daerah wajib menyampaikan laporan satu kali dalam satu tahun, paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir. Kewajiban menyampaikan LKPJ juga dipertegas dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 13 Tahun 2019.

”LKPj yang disampaikan kepala daerah menjadi dasar lembaga DPRD dalam memberikan saran, masukan dan rekomendasi kepada eksekutif sebagai koreksi dan perbaikan kedepan,” tutup Ali Syaftaini.(adv)

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *