Program Kota Layak Pemuda, Musi Rawas Jadi Tujuan Kunker Komisi III      

PEWARTA : YADI
PORTAL MUKOMUKO – Pemuda memiliki peranan penting dalam pembangunan suatu daerah. Maju atau tidaknya satu daerah kedepannya, tergantung dari sepak terjang para pemuda sebagai penerus tongkat estafet pimpinan daerah.

Demi mencetuskan generasi pemuda Kabupaten Mukomuko yang siap membangun daerah, Komisi III DPRD Mukomuko mencanangkan program Kota Layak Pemuda (KLP) kedepannya. Sebagai tolak ukur, angota komisi III menggelar kunjungan kerja (kunker) ke DPRD Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumetera Selatan beberapa waktu lalu. Hasil akan dibahas di Komisi III bersama pihak instansi terkait.

M Yusak, anggota DPRD Mukomuko menyampaikan dalam pembahasan bersama dengan pihak anngota DPRD Musi Rawas, untuk membentuk KLP pemerintah harus mengacu pada peraturan UU Nomor 40 tahun 2009 tentang kepemudaan, Permen pemuda dan Olahraga nomor 11 tahun 2017 tentang pengembangan kabupaten/kota layak pemuda, serta peraturan Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Nomor 1,22.8 Tahun 2019 tentang petunjuk teknis indicator dan bobot nilai pelayanan kabupaten/kota layak pemuda.

Dari pembahasan bersama tersebut, banyak hal yang harus dikaji dalam perumusan program KLP di Kabupaten Mukomuko. Namun dapak positif dari terlaksanannya program KLP tersebut sangat banyak, terutama untuk pembangunan daerah kedepannya.

“Arah kebijakan dari terbentuknya KLP adalah, mewujudkan suatu kabupaten/kota yang memiliki sistem layanan kepemudaan dalam pembangunan yang berbasis pada penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan pemuda, melalui integrasi komitmen,sumberdaya pemrintah, masyarakat dan dunia usaha. Insyaallah jika tercapainya program KLP ini nanti, arah pembangunan Kabupaten Mukomuko kedepannnya lebih baik dan maju kedepannnya oleh para pemuda itu nanti,” ujar M Yusak.

Damsir, SH, Anggota Komisi III DPRD Mukomuko turut mengatakan selain untuk kemajuan pembangunan daerah kedepannya, program kabupaten/kota layak pemuda (KLP) ini, juga ada ajang perlombaan di tingkat nasional. KLP adalah program pemerintah dari Kementrian Pemuda dan Olahraga RI. Program ini dimana pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota, lebih memperhatikan pembinaan dan pemberdayaan pemuda di daerahnya masing-masing.

“Tujuan dari program pengembangan kabupaten layak pemuda adalah, meningkatkan pertisipasi pemuda dalam pembangunan daerah melaui, perluasan kesempatam memperoleh pendidkan dan keterampilan, peningkatan peran serta pemuda dalam pembangunan social, politik, ekonomi budaya dan agama. Selain itu, juga peningkatan potensi pemuda dalam kewirausahawan, kepeloporan serta kepemimpinan terutama perlindungan generasi penerus bangsa (pemuda) dalam penyalahgunaan narkoba, miras,penyebaran penyakit HIV/AIDS. Terlaksananya program KLP di Kabupaten Mukomuko nantinya, mudah-mudahan akan lebih maju dari berbagai hal di tangan para pemuda yang telatih kedepannya,” demikian Damsir.(adv)

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *