Tingkatkan SDM Petani dan Peternak, Desa Pekalongan Kepahiang Gelar Pelatihan

0
1576

Sabtu, 25 Agustus 2018
PEWARTA : M FAUZI

PORTAL KEPAHIANG – Guna meningkatkan sumber daya manusia (SDM) khusus para anggota kelompok tani, pemerintah desa Pekalongan, Kecamatan Ujan Masa Kabupaten Kepahiang, pada Sabtu (25/8) gelar kegiatan pelatihan kelompok tani di balai desa setempat, dengan tema, menuju desa yang maju, mandiri dan sejahtera.

Kepala Desa Pekalongan, Edi Santoso mengatakan, ditemui awak media di sela kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan itu diadakan bertujuan untuk meningkatkan kempauan dan wawasan para petani, sehingga dapat pula menjadi penunjang dalam upaya peningkatan ekonomi.

“Pelatihan untuk kelompok baik yang bergerak dalam bidang pertanian maupun peternakan ini dimaksudkan agar kedepan menjadi lebih baik lagi. Karena tujuan kita adalah peningkatan perekonomian masyarakat melalui kelompok pertanian yang ada di desa kita” kata Kades, Sabtu.

Lebih lanjut Edi Santoso mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan menggunakan sumber keuangan dari dana desa (DD) di bidang pemberdayaan masyarakat. Nara sumber didatangkan dari Dinas Pertanian.

“Pelaksanaannya hanya selama satu hari, dan harapan kita setelah mengikuti pelatihan ini ilmu yang disampaikan oleh Nara sumber bisa diserap oleh peserta dan dapat diterapkan di lapangan,” katanya.

Sementara itu, salah satu nara sumber, yakni Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan (Keswan), Razikin S.Pt dalam kesempatan itu mengatakan, Dinas Pertanian terdiri dari sejumlah bidang. Diantaranya, Hortikultura, Ketahanan Pangan dan Bidang peternakan.

“Silahkan kelompok tani mengajukan usulan melalui proposal, setelah diverifikasi kita turun kan tim langsung ke kelompok tani yang mengusul, untuk mendapatkan bantuan,” papar Razikin.

Sedangkan untuk peternak sapi di desa Pekalongan, kata Razikin, telah memiliki petugas yang ditugaskan melalui Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu. Petugas dimaksud telah mengikuti pelatihan insiminasi buatan (IB) di Padang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here