3 Tahun Terakhir, Bunga Kibut Mekar Di Kutorejo

0
1356

PEWARTA : FAUZI

RABU 14 NOVEMBER 2018

PORTAL KEPAHIANG – Musim penghujang di wilayah Kabupaten Kepahiang, menjadi masa perkembangan bunga kibut alias Amorpaholuss Titanum. Ini terbukti saat bunga kibut khas Kepahiang mekar di dekat kolam warga desa Kuterejo, Kecamatan Kepahiang, Hj Siti Rohana (85). Diketahui bunga kibut tersebut tumbuh menjadi bakal bunga sejak 2 minggu terakhir,  dan mekar pada Rabu (14/11).

“Seminggu terakhir memang sudah tampak bakal mekar,  namun tadi pagi saya lihat bunganya sudah mekar. Ini sudah ketiga kalinya bunga kibut mekar di sekitar pinggir kolam. Tahun lalu pernah ada yang mekar,  tetapi bunganya tidak sebesar yang sekarang,” ungkap Hj Siti.

Ia juga mengatakan jika perkembangan dan pertumbuhan bunga kibut tersebut merupakan tanaman liar. Menurutnya, banyak bakal calon bunga yang diprediksi akan ikut mekar juga.

“Kalau bunga kibut itu tumbuh sendiri,  kami tidak tahu dari mana asalnya. Namun tiga tahun terakhir ini nampak bunga kibut mekar,  bahkan didekat lokasi banyak bakal calon bunga kibut, “ungkap Hj Siti.

Tak hanya itu,  menurut Hj Siti lokasi bunga kibut tidak terjamah oleh tangan manusia karena lokasinya berada dipinggir kolam Tebat Ubo.

“Itu lokasi bunga kibut yang mekar di pinggir kolam tidak bisa dijangkau oleh manusia, kalau mau mendekatinya harus menggunakan rakit atau perahu, karena lokasinya persis didekat tebing, orang rejang disini menyebut wilayah ini tebat ubo” demikian Hj Siti.

Pantauan awak media,  lokasi bunga kibut yang mekar setinggi 3 meter tersebut memang tidak dijangkau oleh manusia. Karena habitat bunga kibut masih asli dipinggir kolam pemancingan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here