40 Poktan Di-8 Kecamatan Terima Bantuan Bibit Padi Gogo

PEWARTA : FAUZI

SABTU 17 NOVEMBER 2018

PORTAL KEPAHIANG – Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang pada tahun 2018 telah memberikan bantuan padi darat jenis Gogo. Sebenyak 40 Kelompok Tani (Poktan) dari 8 kecamatan se kabupaten yang menerima bantuan. Hal ini di sampaikan oleh Kadis Pertanian, Hernawan, S.Pkp melalui Kabid Tanaman Pangan, Chandra Yahopa pada Jumat (16/11).

“Pada tahun ini kita memberikan bantuan  bibit padi darat kepada 40 kelompok tani. Dan sumber keuangan bantuan itu bersumber dari APBN karena ini masuk dalam program pajale melalui satker provinsi,” ungkap Chandra.

Lebih lanjut Chandra mengatakan luasan lahan poktan mencapai 750 hektare. Bantuan yang diberikan berupa uang tunai yang nantinya dibelanjakan untuk pembelian bibit.

“Total luas lahan kelompok penerima bibit padi gogo dari 40 kelompok seluas 750/ha untuk kelompok kita tidak memberikan bibit padi tetapi uang yang langsung ke rekening kelompok masing-masing. Untuk nilai nya tergantung luas lahan yang di usulkan, jika kita hitung setiap 1 ha lahan membutuhkan bibit padi sebanyak 15kg/ha, dan harga bibit padi ini sebesar Rp 10.300/kg jadi tinggal di hitung setiap kelompok menerima dana yang masuk rekening sesuai dengan luas lahan yang di usulkan. Dan juga untuk kelompok juga di berikan pupuk bersubsidi jenis urea,” sampai Chandra.
Saat di tanyakan dalam satu hektar lahan yang akan di tanami padi darat ini berapa jumlah produksi yang akan di hasil chandra yahopa mengatakan.
“Estimasi kita setiap satu hektar hasil produksi mencapai angka 8ton/ha,” pungkas Chandra.
banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *