Sekitar 4.300 Siswa Di Kabupaten Mukomuko Belum Tersentuh BSM

0
1082
Bupati Mukomuko saat menyerahkan BSM secara simbolis kepada siswa penerima.

PEWARTA : DIA

SELASA 16 APRIL 2019

PORTAL MUKOMUKO – Sekitar kurang lebih 4.300 siswa tingkat SD dan SMP di Kabupaten Mukomuko yang masuk dalam kategori miskin sampai saat ini belum tersentuh Bantuan Siswa Miskin (BSM) dari program pemerintah. Sementara, pada Selasa (16/4) sebanyak 146 siswa yang terdiri dari 99 siswa SD dan 47 siswa SMP telah mendapatkan BSM yang diserahkan di gedung pertemuan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikud) Kabupaten Mukomuko. Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Bupati Mukomuko, H Choirul Huda, SH yang disaksikan Ketua TP PKK Kabupaten Mukomuko, Kepala Disdikbud, Winarto, S.Pd beserta Sekretaris dan pejabat Disdikbud. Turut hadir Kepala UPTD Pendidikan dari seluruh wilayah kecamatan, kepala sekolah, wali murid serta siswa penerima BSM.

”Jumlah siswa SD se Kabupaten Mukomuko mencapai 20 ribuan lebih. Sedangkan untuk siswa SMP-nya diangka 9 ribuan lebih. Yang belum terkaper dan masuk kategori miskin di angka 4.300 siswa se Kabupaten Mukomuko. Dan untuk bantuan yang diserahkan hari ini sebanyak 146 penerima yang terdiri dari 99 orang siswa SD dan 47 siswa SMP. Khusus untuk SMP, hanya 1 orang mendapatkan BSM. Sedangkan untuk SD jumlahnya tidak tetap,” ungkap Winarto.

Menurut Winarto, BSM yang diberikan merupakan bantuan pemerintah yang telah ditetapkan sesuai dengan Permendiknas. Setelah itu, direalisasikan sesuai Perda Kabupaten Mukomuko 2017. Pihak pemerintah akan terus memperjuangkan agar siswa miskin dapat menerima BSM.

”BSM ini murni bantuan pemerintah. Aturannya sudah jelas, dan Perdanya juga ada. Kita akan terus memperjuangkan, agar siswa miskin juga memiliki hak dan kesempatan untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi,” imbuhnya.

Sementara, Bupati, H Choirul Huda, SH dalam sambutan seusai menyerahkan BSM secara simbolis mengatakan bahwa pendidikan di Kabupaten Mukomuko mesti ditingkatkan. Termasuk bagi siswa miskin untuk tetap mengikuti pendidikan. Dari pemerintah akan terus memperjuangkan untuk kepentingan dunia pendidikan.

”Kami terus berupaya untuk meningkatkan mutu serta kualitas pendidikan di Kabupaten Mukomuko. Pendidikan yang maju dan berkembang dapat meningkatkan generasi penerus yang matang. Serta menjadikan sumber daya manusia yang profesional serta mampu mendukung pembangunan yang ada di kabupaten ini. Kita berharap siswa-siwa untuk terus semangat belajar. Dan kami akan memperjuangkan bagi siswa lain yang belum mendapatkan BSM,” ujar Bupati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here