OPD dan KIM Diminta Pahami Ilmu Jurnalistik, Dinas Kominfo Mukomuko Gelar Pelatihan

PEWARTA : DERY A PRAMANDA
PORTAL MUKOMUKO – Pemkab Mukomuko melalui Dinas Kominfo menggelar acara pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan di Gedung Media Center. Kegiatan dilakukan dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang ilmu jurnalistik. Sekretaris Daerah (Sekda) Mukomuko, Drs. H. Marjohan melalui Asisten II, Setdakab Mukomuko, Drs. H. Novizar Eka Putra meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dapat memahami dan ikut menerapkan ilmu jurnalistik.

Pelatihan jurnalistik ini diikuti 70 peserta, perwakilan dari OPD dan KIM. Dinas Kominfo sendiri menghadirkan pemateri Dosen Jurnalistik FISIP Unibersitas Bengkulu (UNIB), Dr. Gushevinalti, S.Sos., M.Si. yang juga Wakil Dekan Bidang Sumberdaya FISIP Unib, untuk materi teknik penulisan berita, dan perwakilan PWI Kabupaten Mukomuko untuk materi foto jurnalistik.

”Kegiatan itu penting, agar OPD maupun KIM dapat menginformasikan program masing-masing kepada masyarakat dengan cepat, menarik dan sesuai dengan kaidah jurnalistik. Era sekarang ini, banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat. Namun harus dikemas dengan baik. Masyarakat tertarik untuk membaca maupun melihat. Oleh sebab itu, OPD juga perlu memahami ilmu jurnalistik,” ungkap Novizar.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Mukomuko, Drs. H. Bustari Maller, M.Hum menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya pelatihan jurnalistik ini tidak lain untuk menambah pengetahuan bagi pihak-pihak di OPD dan KIM tentang ilmu jurnalistik.

”Tidak hanya sebagai bekal OPD dalam menyampaikan informasi secara baik dan benar, dengan memahami ilmu jurnalistik, OPD-OPD maupun KIM bisa memiliki bank berita yang bisa dimanfaatkan untuk croscheck kebenaran sebuah informasi yang berkembang di tengah masyarakat daerah ini. Saya berharap, kesempatan pelatihan ini bisa dimanfaatkan bagi tim yang diutus OPD masing-masing untuk memahami ilmu jurnalistik yang disampaikan pemateri,” pungkas Bustari.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *