Gempa 5.7 SR Guncang Wilayah Mukomuko, Masyarakat Dihimbau Tetap Waspada!

PEWARTA : DIA
PORTAL MUKOMUKO – Pada Rabu (10/6), siang sekitar pukul 11.35 WIB gempa bumi mengguncang wilayah Kabupaten Mukomuko dan sekitarnya. Gempa dengan kekuatan 5.7 Skala Richter (SR) tersebut cukup membuat masyarakat terkejut dan berhamburan keluar rumah dan perkantoran. Gempa sendiri diketahui tidak berpotensi tsunami. Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan mengantisipasi adanya gempa susulan.

Kejadian dan Parameter Gempa Bumi:
Hari Rabu, 10 Juni 2020 pukul 11.35.18 WIB wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update M=5,5. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,73 LS dan 100,91 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 28 km arah Barat Daya Mukomuko, Provinsi Bengkulu pada kedalaman 28 km.

Jenis dan Mekanisme Gempa Bumi:
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktifitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault ).

Dampak Gempa Bumi:
Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Mukomuko IV MMI ( Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ), Pesisir Selatan, Kota Padang, Kerinci III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ), Lubuk Basung, Padang Pariaman, Padang Panjang, Bukit Tinggi, Kepahiyang, Kota Bengkulu, Dharmasraya, Payakumbuh, TanahDatar II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.
Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI.

Gempa Bumi Susulan:
Hingga hari Rabu, 10 Juni 2020 pukul 11.56 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan ( aftershock ).

Rekomendasi:
Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *