Perawatan Lansia, Dinsos BU Usulkan ke Mensos

PEWARTA : FIRDAUS  


PORTAL BENGKULU UTARA – Mengingat tingkat pertumbuhan masyarakat lanjut usia (lansia) begitu pesat. dengan total lansia di Indonesia sekitar 8,5% dari jumlah penduduk sebagian diantaranya berada di kabupaten Bengkulu Utara (BU). Guna mengembangkan program asistensi sosial, Dinas Sosial (Dinsos) kabupaten BU dalam waktu dekat akan mengusulkan kepada Kementerian Sosial  RI atas program perlindungan dan perawatan lansia.
Sejauh ini, menurut Kepala Dinsos BU, Juhirjo, data penerima bantuan yang ada perlu untuk diverifikasi ulang, hal tersebut dilakukan agar dana yang digulirkan tepat sasaran. Mekanisme pengajuan usulan kata Juhirjo diajukan melalui rekomendasi provinsi dan pada saat digulirkan daerah tidak dilibatkan secara langsung.
“Kami perlu melakukan pendataan dan verifikasi ulang dan menurut kebijakannya, kemudian yang berhak penerima bantuan adalah lansia yang sudah 90% mengahbiskan sisa hidupnya di tempat tidur,” jelas juhirjo
Berdasarkan data ada saat ini, kata Juhirjo, terdapat 80 orang lansia miskin yang patut untuk mendapatkan penganan serius dari pemerintah, baik yang berada di panti atau yang dirawat oleh keluarganya sendiri.
Editor : Junaidi
banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *