Dinsos BU Segera Luncurkan Program E-Warong

PEWARTA: SULISWAN BENGKULU UTARA

Foto: Peluncuran E-Warong oleh Mensos
PORTAL – Upaya pemberantasan kemiskinan terus dilakukan pemerintah. Salah satunya melalui pendirian Elektronik Warung Gotong Royong (E-Warong) oleh Kementerian Sosial (Kemensos). Tahun lalu, ditargetkan ada 300 e-Warong di seluruh Indonesia sementara tahun ini ditargetkan ada 3.000 unit.
Sementara itu Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin, Andi ZA Dulung kala itu menjelaskan, pendirian e-Warong dilatar belakangi arahan Presiden Joko Widodo untuk merumuskan bantuan subsidi secara nontunai.
e-Warong nantinya menyediakan tempat pemasaran produk-produk dan hasil usaha peserta PKH. selain itu E-Warong juga menyediakan kebutuhan usaha dan kebutuhan pokok sehari-hari dengan harga murah bagi anggota dan peserta PKH. 
Lantaran merupakan program pusat dan dinilai bermanfaat program ini juga akan diluncurkan di Kabupaten Bengkulu Utara. Kepala Dinas Sosial BU, Juhirjo menargetkan, setidaknya 500 keluarga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dapat memanfaatkan keberadaan E-Warong ini.
“Insha Allah kalau tidak ada halangan kita bakal meresmikan E-Warong ditahun ini, karena Program ini dari Kemensos sehingga kita daerah wajib untuk melaksanakan program itu, dan sasaran dari program ini untuk para penerima PKH dan Rastra,” kata Juhirjo, Kamis (13 /04)
Lebih lanjut dikatakannya, bila untuk dana yang diberikan untuk E-Warong oleh pemerintah sebesar Rp 30 juta dengan rincian  Rp 10 juta untuk sarana dan prasarana, sedangkan sisanya Rp. 20 juta untuk persedian barang.
“Mudah-mudahan kedepan nantinya E-Warong Bakal bisa diterapkan di setiap kecamatan. Saat ini kita masih menunggu untuk peresmian E-Warong, sebab di provinsi Bengkulu belum ada satupun kabupaten yang diresmikan oleh kementrian sosial, mudah-mudahan daerah kita yang pertama,” pungkasnya
Editor: Uj
banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *