Agar Tidak Jadi Korban Penipuan, Begini Kiat Kasat Reskrim Polres BU

PEWARTA: SULISWAN BENGKULU UTARA
SININ 29 MEI 2017
PORTAL – Maraknya upaya penipuan yang dilakukan oleh orang-orang tak bertanggung jawab dan memilih jalan pintas untuk mendapatka uang melalui bujuk rayu dan rekayasa ungkapan agar korban terpengaruh dan masuk dalam jeratan aksi melalui Handphone atau sarana lainnya menjadi perhatian serius pihak Kepolisian Polres Bengkulu Utara.
Kapolres Bengkulu Utara AKBP Andhika Vishnu SIk melalui Kasat Reskrim Polres BU, AKP M Jufri SIk mengingatkan dan memberikan arahan kepada masarakat agar tidak terbuai dan terpengaruh oleh aksi penipuan yang sudah banyak menelan korban tersebut.
” Kami sekedar mengingatkan, apabila mendapat telepon dari nomor yang tidak dikenal, agar berhati-hati, sekalipun tetap dilayani dengan santun teriring salam, tanyakan terlebih dahulu kepada penelepon, Ibu atau Bapak mau bicara sama siapa,” saran Kasat.
Kemudian, apabila mendapat telpon dari nomor yang tidak terdaftar di HP kita, mengabari kita mendapat bantuan Dana/Hadiah, juga harus hati-hati,  jangan percaya begitu saja apalagi diarahkan ke ATM  sebaiknya kata Kasat, jangan dilayani.
” Jika Penelepon pura- pura kenal,  hati – hati, tetap tanyakan lagi,  bapak mau bicara dg Siapa?..  kalau tidak bisa menjawab,  sebaiknya ditutup saja. demikian juga apabila mendapat telepon larut malam,” imbuh Kasat.
Apalagi memberitahukan bahwa,  anak/keluarga, dikabari mendapat musibah, kecelakaan atau kena tangkap dan sebagainya,  itupun sebaiknya, kata Kasat  hubungi dulu anak/ keluarga yg ada kontaknya di HP anda,  intinya jangan mudah percaya.
“Apabila menerima pesan singkat (SMS), isinya kita mendapatkan hadiah,  atau sebagai pemenang undian, dari manapun asal pesan tersebut,  sebaiknya jangan dilayani,  hubungi Kepolisian yang terdekat,  untuk menanyakan hal tersebut, agar terhindar dari Penipuan,”demikian himbauan Kasat.

Editor: Uj
banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *