Jokowi Dukung Pembangunan Proyek Strategis di Bengkulu

 KAMIS 01 JUNI 2017 

Foto: Muhammad Iqbal/detikcom 

Jakarta – Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan percepatan pembangunan proyek strategis di Bengkulu guna mendorong pertumbuhan ekonomi, sekaligus mengurangi angka kemiskinan.

Jokowi pun langsung memerintahkan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian BUMN dan Kementerian ESDM.
Proyek strategis tersebut, di antaranya adalah 5 ruas jalan lintas provinsi, jalur kereta api, bandara, pelabuhan, hingga pembangkit listrik.
“5 ruas jalan ke 4 provinsi, jalur kereta api ada 4 jalur, pelabuhan laut ada 4 titik, kawasan industri terkait dengan pelabuhan, ada tiga kawasan industri, bandara terkait terminal, ditambah lagi jaringan listrik dan pembangkit listrik,” kata Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti usai rapat di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (31/5/2017).
Untuk pembangunan jalur kereta api yang nantinya akan menghubungkan Bengkulu dengan Sumatera Selatan, Jambi, Lampung. Harapannya agar bisa memperlancar arus logistik. Pembangunan infrastruktur tersebut besarnya dampaknya terhadap ekonomi Bengkulu. 
“Kita sedang usulkan, kalau enggak dibangun akses utara selatan dan tengah, maka Bengkulu tetap terisolir, ini persoalan kemiskinan akut karena sudah terjadi belasan tahun,” jelasnya.
Ridwan mengakui, persoalan cukup berat di Bengkulu, terjadi mulai dari birokrasi. Diperlukan pembenahan struktural dan konsisten. Misalnya dengan memberikan kemudahan izin untuk sektor swasta membangun infrastruktur.
“Jadi solusinya saya sampaikan ke Presiden bahwa Bengkulu yang heavy-nya sekarang ini masih kepada birokrasi, simbol-simbol kemewahan dan kesejahteraan masyarakat itu masih di birokrasi, gimana kita menggesernya ke swasta atau private sektor, swasta akan masuk kalau infrastruktur dasar dibangun,” terang Ridwan.
Dalam waktu dekat, Jokowi akan dijadwalkan untuk datang ke Bengkulu mengecek proyek strategis yang akan dibangun.

(mkj/mkj)  Sumber : finance.detik.com
banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *