Cek Fisik Pekerjaan DD Lubuk Tanjung, Inspektorat Temukan Banyak Kejanggalan

0
639
PEWARTA: SULISWAN 
 KAMIS 13 JULI 2017 


PORTAL BENGKULU UTARA – Untuk mendapatkan kepastian jumlah penyimpangan atau penyelewengan dana desa (DD) Desa Lubuk Tanjung Kecamatan Air Napal Kabupaten Bengkulu Utara, pihak Inspektorat setempat turun kelapangan untuk melakukan cek fisik kegiatan yang dilaksanakan tahun 2016.

Inspektur Inspektorat BU, Abdul Salam melalui Inspektur Pembantu (Irban) II, Bukhari Muslim, Kamis (13/07) membenarkan pihaknya telah melakukan cek fisik di desa yang dilporkan ke pihaknya telah terjadi penyelewengan sekitar Rp 200 Juta tersebut.

“Setelah melakukan cek fisik dilapangan, kami menemukan sejumlah kejanggalan yakni, pengalihan item pekerjaan, kemudian pembuatan pelapis tebing , gorong-gorong, dan plat backer semuanya tanpa didukung dengan adanya berita acara,” terang Bukhari, Kamis.

Selain itu, lanjut Bkhari, pihaknya juga akan melakukan pengecekan ke depot material, juga diduga ada permainan harga yang dilakukan oleh Kades atau pihak pengel;ola DD setempat.

“Bukan hanya itu pada item kegiatan pelatihan yang semestinya dilaksanakan sebanyak 8 kali hanya dilakukan oleh desa tersebut dua kali. Jelas itupun sudah menyalahi, sebab menyangkut kepada jumlah biaya transportasi peserta pelatihan,” imbuh Dia.

Sekalipun sudah dari pihak tokoh masarakat desa yang memperkirakan jumlah penyelewengan yang terjadi, pihak Inspektorat mengaku masih dalam proses mengkalkulasikan dan terus mendalami sehingga jumlah kerugian yang diakibatkan akan didapat secara akurat.

Editor: Uj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here