Jalin Kemitraan Dengan Petani, Koperasi Sediakan Peralatan Atau Bantuan Tunai

0
670
PEWARTA: RAI SAPUTRA 
 KAMIS 20 JULI 2017 



PORTAL KAUR – Guna meningkatkan pendapatan para petani dan optimalisasi pemanfaatan lahan, Koperasi Duta Tani buka peluang kerjasama dengan petani setempat di Kabupaten Kaur, Bengkulu Selatan dan Seluma terutama komoditas jagung atau padi.

Camat Maje, Ahmad Marzuki MTP mengungkapkan, pihak pemerintah akan memberikan bantuan berupa alat berat, Alat mesin pertanian (Alsintan) dan sarana produksi padi (saprodi) serta modal kerja melalui koperasi Duta Tani.


Penggunaan perlatan tersebut, kata Camat, akan diberikan kepada petani dengan pola kemitraan malalui kelompok tani dan pengembaliannnya secara bertahap dengan memotong hasil panen. 
“Alternatifnya, lahan milik petani digarap oleh koperasi dengan sistem sewa yang disesuaikan dengan harga sewa setempatatau lahan dikelola oleh pemiliknya sendiri, koperasi hanya memberi bantuan fasilitas sesuai denmgan usulan petani dan akan diberikan dalam bentuk uang. Pengembaliannya akan dipotong dari hasil penjualan hasil panen kepada koperasi,” terang Camat, Kamis.

Petani bisa memilih pola kemitraan, diantaranya penggarapan selama 5 tahun dengan 1 kali jagung dan 2 kali padi atau petani memilih khusus jagung, kemudian bagi petani yang memiliki lahan masih berupa hutan dapat mengambil pola kemitraan 10 tahun, Sebab perlu pematangan lahan dan pembukaan jalan. Agar tidak merasa saling merugikan, teknis kemitraannya disertai MoU atau kesepakatan tertulis.

“Untuk saat ini lahan tersedia sekitar 32 hektar diantara nya di desa Tanjung Ganti kecamatan Maje, kemudian 20 hektar di Semidang Gumay atau awat mate 7 hektar dan di Suka Menanti Kecamatan Maje 5 hektar, kita targetkan di Kabupaten Kaur bisa tercapai seribu hektar,” ungkap Camat.

Editor: Uj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here