Siapkan Pahlawan Devisa, Pemkab RL Gembleng Siswa Melalui Latihan Dasar Ketarunaan

0
857
PEWARTA: ZULFIMAIDI 
 RABU 26 JULI 2017 





PORTAL REJANG LEBONG – Guna menyiapkan pemuda sebagai pahlawab devisa bagi negara angkatan ke IV, Pemerintah daerah setempat menggembleng siswa SMK Negeri 3 melalui Latihan Dasar Ketarunaan (Latdastar) di lapangan Batalyon 144 Jaya Yudha, Curup Rejang Lebong.

Latihan dasar disiplin ketarunaan ini diberikan kepada siswa guna membentuk sikap pemuda pelajar yang disiplin, bertanggung jawab, jujur, tekun, dan tidak pernah mengenal menyerah dalam belajar dan bekerja. Disamping itu juga sehat jasmani dan kuat mental, berbudaya serta mampu berkomunikasi dan mengakses informasi, cepat beradaptasi dengan menjunjung tinggi niali-nilai Pancasila.

Kepala SMK Negeri 3 Rejang Lebong, Asep Suparman SPi, MPd mengatakan, kegiatan tersebut sesuai dengan UU nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional dan UU 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen, juga Inpres No 9/2016 tentang Revitalisasi SMK dalam peningkatan kualitas SDM dan Permendikbud, Kurikulum 2013 dan KTSP Visi, Misi dan program kerja SMKN 3 RL.

“Sasaran  kegiatan ini adalah seluruh peserta didik baru (PDB) SMKN 3, tahun ajaran 2017/2018. Untuk angkatan ke IV tahun ini peserta calon taruna tingkat X berjumlah 143 orang. Lokasi kegiatan diadakan di 2 tempat yakni di SMKN 3 dan di Batalyon 144 Jaya yudha, lapangan Kodim 0409 RL dan lapangan Kecamatan Curup Selatan,” terang Asep, Rabu.

Waktu latihan, kata dia selama 3 bulan, Latdastar 1 selama satu setengah bulan kemudian dilanjutkan latdastar 2 dengan waktu yang sama yakni  satu setengah bulan, peserta akan dilantik pada tanggal 10 november nanti.

“Pada saat pelantikan, taruna yang lulus akan mengenakan seragam Korp taruna yang berfungsi sebagai alat kendali mutu, identitas jati diri, serta tanggung jawab. Diharapkan mereka dapat menerapkan kedisplinan ketarunaan dalam kehidupan bermasarakat sehari-hari, disekolah maupun dilingkungan umum lainnya,” demikian Asep Suparman.

Editor: Uj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here