Terapkan DD 2017, Desa Sumber Harapan Kembali Buka Badan Jalan

0
815
PEWARTA: RAI SAPUTRA 
 RABU 05 JULI 2017 

PORTAL KAUR – Guna menyediakan infrastruktur desa yang lebih baik dan memperlancar aktifitas warga desa setempat, Desa Sumber Harapan kecamatan Nasal Kabupaten Kaur melalui dana desa (DD) tahun 2017 ini kembali membuka badan jalan di desanya.

Dari pengalaman membuka badan jalan tahun sebelumnya, Kades Sumber Harapan, Maksum sengaja sedikit merubah sistem pengerjaan terhadap struktur jalan, pengerasan hanya menggunakan material batu kali ukuran 15/20 kemudian dikunci dengan batu berukuran 5/7 cm, tidak lagi dihampar koral atau sirtu.
“Tahun ini kita mengerjakan pembukaan badan jalan sepanjang 2,9 Km dan pengerasan dilakukan 2,2 Km. Materail yang digunakan hanya batu 15/20 dan 5/7 tidak lagi menggunakan sirtu, sebab material sirtu akan hanyut bila hujan jadi kami nilai itu mubazir,” terang Kades kepada awak media ini Rabu.
Dijelaskan, DD tahun ini desanya memperoleh sebesar Rp 740 Juta selain digunakan untuk membeli material juga digunakan sewa alat berat berupa eksavator dan vibro. Untuk materail kata Kades, pihaknya memberdayakan masarakat untuk mengerjakannya, setelah menjadi ukuran 5/7 akan dibayar seharga Rp 200 Ribu per-M3.
“Untuk retribusi galian C kita menggunakan NPWP kuari terdekat yang memiliki izin dengan besaran sekitar 2 persen dari dana tersedia di dalam RAB,” terang Dia.
Menanggapi hal itu, Camat Nasal Junis Mawan Tomi SKM malah menolak untuk berkomentar, soal retribusi yang dibayarkan oleh pihak desa melalui pengusaha kuari ditanggapi oleh camat dengan senyuman tanpa ada kata yang dilontarkan olehnya seraya menggelengkan kepala. 
Editor: (-)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here