BU Potong 918 Ekor Kurban, Daging Jangan Gunakan Wadah Plastik Hitam

0
566
PEWARTA : SULISWAN
 KAMIS 31 AGUSTUS 2017 


PORTAL BENGKULU UTARA – Pengawasan 918 ekor hewan kurban yang akan dilakukan pemotongan di segenap kecamatan sekabupaten Bengkulu Utara besok dilakukan oleh 35 orang pengawas, 2 diantaranya adalah dokter hewan.
Kepala Dinas Pertanian dan peternakan Kabupaten Bengkulu Utara, Darlis SP menuturkan, 35 orang pengawas tersebut disebar di seluruh kecamatan guna mengawasi kesehatan hewan kurban sebelum dan sesudah disembelih. dari 918 ekor hewan kurban tahun ini kata Darlis, terdiri dari 524 ekor Sapi, 7 kerbau dan 387 kambing.
Salah seorang pengawas, drh Dewi mengemukakan, tujuan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan sebelum dan sesudah dipotong untuk mengetahui kesehatan daging hasil pemotongan agar masarakat terhindar dari mengkonsumsi daging tidak sehat atau mengandung penyakit juga zat kimia.
“Kita sudah memberitahukan ke segenap masarakat terutama yang akan menyelenggarakan pemotongan hewan kurban, supaya tidak menggunakan kantong plastik hitam yang merupakan hasil daur ulang, dikhawatirkan bekas wadah limbah RS, pestisida atau mengandung zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan,” tutur Dewi, Kamis.
Disarankan oleh Dewi agar menyediakan daun atau plastik transparan, selain itu diingatkan kepada masarakat agar tidak membeli hewan dari luar daerah sebab saat ini sedang berjangkitnya penyakit hewan yang tergolong mematikan yakni Jembrana (keringat darah).
“Ciri-ciri penyakit tersebut, mengeluarkan keringat darah, flu. Oleh sebab itu kita antisipasi jangan sampai terjadi di Bengkulu Utara,” kata Dia.

Editor : Uj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here