Sekalipun 2 Hari, Ini Manfaat Puasa Arafah dan Tarwiyah

0
1966
 RABU 30 AGUSTUS 2017 
PORTAL BENGKULU – Bersiap-siaplah menunaikan puasa Arafah tahun 2017 ini. Berdasar hasil sidang isbat Pemerintah, 9 Dzulhijjah 1438 H jatuh pada Kamis 31 Agustus 2017.
Hari tersebut memiliki keutamaan yang tak ingin dilewatkan umat muslim setiap tahun. Saat jamaah haji berkumpul di Padang Arafah, umat muslim lain menunaikan puasa Arafah.
“Diantara ibadah yang utama dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah adalah puasa pada hari Arafah (9 Dzulhijjah)”. Dalam hadis dari sahabat Abu Qatadah seperti dilansir dari Konsultasi Syariah dinyatakan, bahwa Nabi shallallahu’alaihi wasallam pernah ditanya tentang puasa arafah dan puasa Asyuro, beliau menjawab,
“Puasa satu hari Arafah (9 Dzulhijjah), saya berharap kepada Allah, Dia akan menghapuskan dosa satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya. Dan puasa hari ‘Asyura’ (10 Muharram), saya berharap kepada Allah, Dia akan menghapuskan (dosa) satu tahun sebelumnya.” (HR. Muslim, no 1162).
Hadis ini menjelaskan bahwa puasa arafah memiliki keutamaan dapat menghapus dosa satu tahun sebelum dan satu tahun sesudahnya. Namun keutamaan puasa Arafah jangan disalahartikan akan menghapus semua dosa seperti dosa besar.
Dari sisi kesehatan, puasa dapat mengosongkan perut, yang secara otomatis mengistirahatkan saluran pencernaan. Dengan begitu, saluran pencernaan menjadi lebih optimal dari sebelumnya, mengeluarkan racun di organ pencernaan, hingga mengurangi risiko organ pencernaan rusak dengan cepat.
Puasa juga membantu seseorang mengontrol pola makan. Puasa juga memungkinkan Anda untuk memilih makanan sehat untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka. Terlebih, puasa juga membuat seseorang menahan diri dari makan dan minum yang berlebihan.
Puasa juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk memulai program penurunan berat badan. Dengan berpuasa, porsi dan jam makan akan lebih sedikit. Dari sisi agama dan ibadah, hadis Nabi Muhammad SAW mengatakan barangsiapa yang melakukan puasa arafah akan diampuni dosanya setahun yang lalu dan setahun kemudian.
Puasa arafah juga bisa dijadikan momen untuk melakukan meditasi dan beribadah, mendekatkan diri kepada Allah sebelum merayakan Hari Raya Idul Adha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here