Jadikan Tonggak Kebangkitan, Dirjen Hadiri Hari Perkebunan ke 60 di Bengkulu Utara

0
567
PEWART: SULISWAN 
MINGGU 24 DESEMBER 2017 


PORTAL BENGKULU UTARA – Hari Perkebunan ke-60 Tahun 2017 ini dijadikan sebagai tonggak kebangkitan perkebunan Indonesia. Sektor perkebunan salah satu kekuatan ekonomi nasional lantaran memberikan kontribusi Rp 429 triliun teradap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional, melebihi sektor minyak dan gas (migas).
Hari Perkebunan tahun ini juga dimaknai untuk membangkitkan kesadaran bersama membangun sektor perkebunan. Untuk itu, dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang handal. Di Kabupaten Bengkulu Utara (BU) kegiatan tersebut digelar di PT Sandabi Indah Lestari Kecamatan Padang Jaya.
Kegiatan yang di gelar pada Rabu (20/12/2017) ini menggalang keterpaduan PBS dan kelompok tani yang difasilitasi oleh pemerintah pusat, Pemda provinsi Bengkulu dan kabupaten BU, guna mempercepat replanting atau rehabilitasi dan intensifikasi perkebunan di daerah itu.
Acara yang dimulai sejak pukul 10:00 WIB itu selain dihadiri Dirjen perkebunan, Kadis TPHP Provinsi Bengkulu, Plt Gubernur,  Bupati BU, dan segenap perusahaan perkebunan seprovinsi Bengkulu.
Bupati BU Ir. Mian dalam kesempatan itu mengatakan, sektor perkebunan merupakan penopang ekonomi daerah, maka sudah sepatutnya mendapat perhatian khusus.
“Perkebunan di bengkulu utara saat ini menjadi penopang ekonomi daerah, sebagian besar masyarakat Bengkulu Utara menggantungkan kehidupan di sektor pertanian dan perkebunan, saat ini kita masih terkendala mengenai infrastruktur dan bibit unggul,” kata Mian.
Sementara itu Kadis Perkebunan BU Ir Sarmini menyampaikan, Dirjen Perkebunan Ir. Bambang arahan bahwasanya perkebunan harus memajukan hajat hidup orang banyak sehingga produktivitas perkebunan perlu ditingkatkan kembali.
” Sektor Perkebunan haruslah memajukan hajat hidup orang banyak, oleh karena itulah produktivitas perkebunan harus ditingkatkanar, kami mengapresiasi pimpinan daerah kabupaten Bengkulu Utara yang dengan gigih memajukan sektor perkebunan,” ungkap Bambang disebut Sarmini.
Kegiatan itu, Sarmini, bertujuan meningkatkan kapasitas perkebunan khususnya di provinsi Bengkulu, diharapkan sektor ini dapat memajukan perkebunan kecil masarakat setempat.
” Dinas perkebunan BU merupakan satu-satunya yang mengadakan kegiatan ini di provinsi Bengkulu,” tutur Sarmini.

Editor : Uj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here