Sekitar 2.000 Data KIA Belum Diinput, Ini Penjelasan Kadis Dukcapil Kepahiang

0
676

PEWARTA : FAUZI

KAMIS  22 NOVEMBER 2018

PORTAL KEPAHIANG – Hingga saat ini, tidak kurang dari 2.000 data untuk kartu identitas anak (KIA) di Kabupaten Kepahiang belum diinput dan dicetak. Menurut pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) setempat, lantaran kurangnya sarana, terutama alat cetak serta SDM sebagai tenaga operatornya. Sementra ini yang telah dicetak sebanyak 2.769 kartu.

Kepala Dinas Dukcapil Kepahiang, Ir Elia Hasanah MSi kepada awak media tak menampik akan hal itu. Seperti yang dikatakannya pada Kamis (22/11). Kata dia, jumlah yang telah selesai dicetak itu dilakukan selama dua bulan terakhir.
.
“Sampai dengan hari ini, kami sudah mencetak sebanyak 2.769 KIA selama 2 bulan terakhir. Kendalanya, kita hanya memiliki 1 mesin cetak dan tenaga operator hanya satu orang. sehingga masih banyak jumlah KIA yang belum dicetak,” kata Elia.

Dijelaskan olehnya untuk Kecamatan Kepahiang sebanyak 1.468 KIA, Kecamatan Ujan Mas, 146 KIA, Kecamatan Tebat Karai 398 KIA, Kecamatan Seberang Musi, 105 KIA, Bermani Ilir 366 KIA, Kecamatan Merigi 208 KIA, sedangkan kecamatan Muara Kemumu sebanyak 49 KIA, dan paling sedikit adalah Kecamatan Kabawetan yakni hanya 30 KIA.

“Harapan kita masyarakat menyampaikan usulan pencetakan KIA, karena KIA dapat digunakan sebagai identitas anak secara resmi dari Dukcapil,” jelas Ir Elia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here