Wartawan Harus Kompeten! PWI Mukomuko Gelar UKW Pada Peringatan HPN

PEWARTA : DIA

PORTAL MUKOMUKO – Pemerintah daerah, dalam hal  ini Pemkab Mukomuko berencana akan menerapkan wartawan yang melakukan peliputan mesti berkompeten dengan mengatongi sertifikat lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Dengan demikian, pemkab melalui Dinas Kominfo Kabupaten Mukomuko sangat mendukung rencana Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Mukomuko yang akan menggelar UKW pada Bulan Maret Mendatang. Kegiatan yang bertepatan dengan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Provinsi Bengkulu yang dipusatkan di Kabupaten Mukomuko diharapkan mampu menjaring dan menjadikan wartawan yang kompeten yang profesional.

Kepala Dinas Kominfo, Drs.H Ruslan, M.Pd membenarkan terkait rencana penerapan wartawan yang mesti mengatongi sertifikat kompeten. Dengan demikian, wartawan yang melakukan peliputan dapat terdapat dan mampu bekerja secara profesional. Pihaknya mendukung rencana UKW yang digelar seiring dengan peringatan HPN.

”Pemerintah berencana menerapkan wartawan yang melakukan peliputan mesti mengantongi sertifikat lulus UKW. Itu sebagai legalitas. Dan diharapkan nantinya seluruh wartawan dapat mengikuti UKW yang akan dilaksanakan PWI Mukomuko. Ini tujuannya untuk menertibkan oknum wartawan yang tidak profesional atau bahkan tidak memiliki surat kabar,” ungkap Ruslan.

Melalui peringatan HPN, Ruslan juga berharap agar kedepan wartawan mampu menjalankan tugas dengan baik. Sehingga ikut serta sebagai kontrol sosial yang nantinya ikut serta dalam kemajuan daerah.

”Momen HPN diharapkan mampu memacu semangat para insan pers, khususnya yang ada di Kabupaten Mukomuko. Ikut serta dalam mendukung kemajuan daerah sekaligus menjadi kontrol sosial. Dengan peringatan HPN, kami ucapkan selamat kepada seluruh wartawan,” imbuhnya.

Sementara itu, PWI Kabupaten Mukomuko sendiri telah mematangkan seluruh persiapan peringatan HPN yang dipusatkan di Kabupaten Mukomuko untuk tingkat provinsi. Salah satunya UKW. Hingga saat ini, seluruh persiapan telah dimatangkan dan pendaftaran calon peserta UKW telah dibuka. Bahkan, PWI sendiri telah menggelar ujian pra UKW yang diikuti wartawan di Kabupaten Mukomuko, khususnya yang belum  mengantongi sertifikat UKW.

”Kita berharap peringatan HPN berjalan sukses. Banyak acara yang digelar nantinya. Salah satunya UKW. Kita harapkan bagi wartawan yang belum mengantongi sertifikat UKW untuk mengikuti ujian. Dengan demikian, wartawan yang telah mengantongi sertifikat UKW nantinya dapat menjalankan tugas dengan baik dan profesional. Untuk persiapan UKW sendiri telah dilakukan, termasuk menggelar pra UKW dengan menghadirkan penguji dari wartawan yang telah mengantongi sertifikat UKW. Kita berharap semuanya berjalan lancar dan mendapat dukungan dari semua kalangan,” ungkap Ketua PWI Kabupaten Mukomuko, Amris, SH.I diamini Waka PWI, Wahyudi dan Sekretaris, Budi Hartono.(adv)

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *