Direalisasikan, 20 Rumah Warga Desa Manau Sembilan I Dibedah

0
908

PEWARTA : ADITYA

PORTAL KAUR – Pemerintah Provinsi Bengkulu didampingi Dinas Perumahan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Kaur mulai merealisasikan program bedah rumah di Desa Manau Sembilan I, Kecamatan Padang Guci Hulu, Kabupaten Kaur.

Setiap rumah tangga sasaran mendapatkan bantuan sebesar Rp 17,5 juta rupiah. Bantuan senilai Rp 15 Juta dibagikan dalam bentuk barang (matrial) dan Rp 2,5 juta diberikan tunai untuk upah tukang.

Kepala Desa Manau Sembilan l, Isman menjelaskan bahwa di desanya yang layak mendapatkan bantuan tersebut berjumlah 20 KK (Kepala Keluarga).

Kades Manau Sembilan I menambahkan bantuan bedah rumah ada 2 sumber, selain dari Disperkim ada pula dari Dinas Sosial. Namun berbeda dengan Disperkim, bantuan bedah rumah yang di salurkan oleh Dinas Sosial Kabupaten Kaur, diberikan dalam bentuk uang yang di transfer ke rekening penerima bantuan berjumlah 15 juta rupiah.

“Kalau bantuan yang dari dinas sosial masing-masing penerima mendapatkan bantuannya sebesar 15 Juta Rupiah, dengan catatan tidak tumpang tindih dengan data penerima PKH dan data penerima bantun bedah rumah dari Disperkim”, ungkap Isman.

Ketua BPI KPNPA Provinsi Bengkulu, Simarjhon Berpendapat program Disperkim dan kucuran dana dari dinas sosial yang peruntukan nya untuk bedah rumah ini, diharapkan benar-benar tepat sasaran, agar dana yang dikucurkan oleh pemerintah Kabupaten Kaur akan mendongkrak tingkat kesejahteraan di wilayah kabupaten kaur, dan tidak dikatakan Kaur adalah kabupaten termiskin.

“Kegiatan yang sudah berjalan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat Kaur yang tergolong kurang mampu, dengan catatan tugas dari pihak pendata atau tim pendamping desa yang ditunjuk untuk mendata benar-benar menjalankan tugasnya secara profesional, jika ini di lakukan dengan sebenarnya maka Hasil dari bantuan pemerintah ini, dapat mencermin kan tingkat Ekonomi di kaur ini semakin baik”, ujarnya.

Dan dikatakannya juga, program rehab rumah merupakan program tahunan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman & Pertanahan provinsi Bengkulu, untuk program rehab rumah tahun ini hampir menelan dana sekitar Rp 1.545 M.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here