Bertepatan Hari Ikan Nasional, Bupati Kaur Serahkan Bantuan Alat Tangkap untuk Nelayan

0
507

PEWARTA : ADITYA
PORTAL KAUR – Bertepatan dengan Hari Ikan Nasional yang ke-6, Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur, yang selama ini menonjolkan kepeduliannya dalam upaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan rakyat khususnya nelayan. Melalui Dinas Perikanan dan Kelautan, Bupati Kaur, Gusril Pausi, S.Sos M.AP untuk menyerahkan secara simbolis berbagai bantuan pemerintah pusat. Momentum tersebut terselanggara di Pantai Wisata Sekunyit, Kecamatan Kaur Tengah, Kabupaten Kaur pada Rabu (20/11).

This image has an empty alt attribute; its file name is KKP-2.jpg

Edwar Happy S. Sos, sebagai Kepala Dinas Perikanan Kaur, pada sambutannya di awal acara berharap, pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk kedepannya terus memberikan bantuan lebih banyak lagi.

“Mengingat masih banyaknya nelayan di Kaur yang membutuhkan alat tangkap ikan dan juga sampan, kami harapkan di tahun 2020 pihak kementerian dapat menyalurkan bantuan lebih banyak sesuai kebutuhan nelayan kami,” beber Edwar.

Menanggapi itu semua, Bupati Kaur, Gusril pada kesempatannya mengucapkan banyak terimakasih terkhusus kepada Kementerian Kelautan atas bantuan selama ini ke Kabupaten Kaur yang disalurkan sejak tahun 2017 hingga saat ini. Diketahui Gusril sudah ada 44 unit kapal nelayan.

“Saya ucapkan banyak terimakasih, kepada Kementerian Kelautan yang saya ketahui selalu menyalurkan bantuannya dari tahun 2017 sampai 2019. Sudah ada sebanyak 44 kapal. Belum lagi alat-alat yang lainnya”, ungkap Gusril.

Masih dalam kesempatan itu, kepada masyarakat nelayan Gusril mengatakan, berbanggalah dengan segala pencapaian yang diperjuangkan pemerintah daerah demi kesejahteraan.

“Sudah sepatutnya masyarakat bangga dan bersyukur. Pemerintah daerah sangat peduli terhadap masyarakat kecil khususnya nelayan. Seperti adanya koperasi berbadan hukum, nelayan difasilitasi untuk mendapatkan hibah ataupun bantuan dari pemerintah pusat dan provinsi. Tidak hanya itu para nelayan Kaur juga mendapatkan asuransi keselamatan. Inilah bentuk keseriusan dan kepedulian Pemerintah Kabupaten Kaur. Hal ini bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat nelayan”, tutup bupati.

Berikut jenis bantuan dan masyarakat penerima:
1. 15 paket Alat tangkap dan sampan ke 10 koperasi nelayan
2. Ice Flake 2 Unit diserahkan kepada Koperasi Mina Maritim Kaur Selatan dan Kecamatan Maje.
3. Mobil pendingin (Termoking)  1 Unit ke Koperasi Bina Usaha Sejahtera Kecamatan Nasal
4. Bantuan Badan Hukum 5 KUB menjadi Koperasi Nelayan :
* KUB Camar Bulan Kaur Selatan
*KUB Lanap Dalam Kaur Selatan
*KUB Bina Usaha Kaur Tengah
*KUB Sumber Rezeki Semidang Gumay
*KUB Beringin Jaya Tanjung Kemuning
5. Asuransi nelayan sebanyak 518 asuransi (perpanjangan 300 dan dari KKP 218)
6. Bantuan pembudidaya ikan terdiri dari :
* Bibit Ikan Gurame untuk KUB Pusaka Lunuk Bayur Kecamatan Kinal dan KUB Mina Kuala Kecqmqtqn Tanjung Kemuning.
* Bibit ikan Nila dan pakan  untuk KUB Pusaka Lubuk Bayur Kecamatan Kinal, KUB Pandawa Kecamatan Tetap,  KUB Air Dingin Lawang Agung Kecamatan Lungkang Kule serta KUB Jaya Makmur Kecamatan Maje.

Turut Hadir dalam Kegiatan tersebut yakni Direktur Jendral Perikanan Tangkap diwakili oleh Pelaksana Kasubdit Alat Penangkapan Ikan Kementrian Kelautan dan Perikanan, Iqbal Firdaus, perwakilan Dinas Perikanan Provinsi Bengkulu, Prima Eko Yurizta, UFKPD, Kacab Bank Bengkulu-Bintuhan, Kepala Desa Sekunyit dan Desa Pengubayan, Kepala Cabang Jasindo Bengkulu, seluruh pengurus dan anggota Koperasi Nelayan yang ada di Kabupaten Kaur.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here