Puluhan Hektar Sawah Kekeringan, Camat Bingin Kuning Beserta Jajaran Lakukan Peninjauan

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Camat Bingin Kuning, Ir Eva Gustiantina bersama jajarannya mendatangi dan melihat langsung puluhan hektar sawah warga yang mengalami kekeringan karena tidak mendapatkan suplai air dari irigasi yang ada. Akibatnya, sejumlah lahan sawah tidak bisa ditanam/gagal tanam serta gagal tumbuh.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, ada puluhan hektar sawah tercatat milik 14 orang warga Kecamatan Bingin Kuning yang berlokasi di dekat Pintu Air Cendam Padang Peak. Bahkan Adong, warga Talang Liak 1 terpaksa menanam padi di aliran irigasi Cendam dimaksud. Karena sebagian sawahnya tidak mendapatkan suplai air.

Sementara Romil, warga Desa Karang Dapo mengatakan bahwa sawahnya dan sawah yang bersebelahan dengan lokasi sawahnya terpaksa gagal tanam dan gagal tumbuh dengan sebab yang sama yaitu kekeringan air atau tidak mendapatkan suplai air dari irigasi yang ada.

Sementara Camat Bingin Kuning, Ir. Eva Gustiantina kepada awak media menyampaikan bahwa ia akan segera melaporkan hal ini kepada pihak-pihak terkait untuk segera dapat disikapi dan diatasi.

“Kita prihatin dengan keadaan warga di dalam situasi Pandemi Corona Virus Desease 2019 ini nyaris semua warga merasakan dampaknya baik itu dampak sosial, ekonomi maupun dampak lainnya. Sehingga sebutir beras sangat berharga bagi warga,” ujar Eva Gustiantina dengan raut wajah yang menunjukan rasa sangat prihatin.

Terpisah Plt Kepala Dinas PUPR-Hub Lebong, Joni Prawinata, SE, MM melalui Kabid Sumber Daya Air, Amrulah ST dikonfirmasi melalui seluler menyampaikan bahwa tahun ini Dinas PUPR Lebong sudah menganggarkan untuk membuat saluran irigasi bagi warga dimaksud.

”Sudah diajukan, hanya saja secara bertahap. Sebab dari sejumlah anggaran yang kita ajukan untuk itu hanya disetujui 200 jutaan saja,” ujarnya.

Terkait dengan kebanjiran yang dialami oleh warga Desa Karang Anyar, Kecamatan Lebong Tengah yang berada di alur irigasi cendam tersebut bahwa saat dilakukan normalisasi pemilik lahan menolak untuk dilakukan pemasangan tanggul. Sehingga sekarang terdampak banjir.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *